28 C
Sidoarjo
Saturday, November 23, 2024
spot_img

Kolaborasi Strategis HCML, SKK Migas dan Media, jadi Kunci Keberhasilan Operasi Hulu Migas

Lokakarya Media Periode I 2024 SKK Migas – KKKS, di Solo Kamis (25/7).

Kota Solo, Bhirawa.
Komunikasi yang baik menjadi kunci untuk mewujudkan cita-cita industri hulu migas, karena komunikasi yang baik menjadi sangat menentukan dalam menyampaikan pesan atau informasi seputar industri hulu migas bagi daerah seperti Dana Bagi Hasil Migas, PBB Migas, pajak daerah dan retribusi daerah.
Hal tersebut disampaikan pengamat migas, Rinto A.

Pudyantoro dalam Lokakarya Media Periode I 2024 SKK Migas – KKKS, di Solo pada Kamis (25/7) lalu. Di hadapan 32 jurnalis dari wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur, dosen Universitas Pertamina tersebut mengulas tentang peran penting media di daerah dalam memajukan industri hulu migas.

“Komunikasi yang belum tersampaikan dengan baik, menjadikan daerah-daerah penghasil migas memiliki pengetahuan, pemahaman atau persepsi yang terlalu sederhana mengenai bagi hasil,” tuturnya.

Peran bisnis hulu migas seperti menghasilkan APBN & APBD, mendorong efek multiplier ekonomi daerah dan nasional juga perlu dijelaskan agar tidak menimbulkan kesalahpahaman dan konflik. Daerah penghasil migas tentu mendapat bagi hasil dengan porsi lebih besar dan daerah non penghasil tetap dapat meski dengan porsi yang lebih kecil.

Sementara Founder & Sekretaris Energy & Mining Editor Society, Dudi Rahman menjelaskan mengapa media perlu meliput industri hulu migas karena industri ini memberikan kontribusi pendapatan besar bagi bangs aini. Masyarakat juga berhak tahu tentang industri ini. Media juga wajib menyuarakan informasi sebagaimana fungsinya.

Berita Terkait :  Menggelar Kuliah Tamu untuk Siswa Kelas XII Melanjutkan Jenjang Pendidikan Tinggi

“Selain itu, Pemerintah juga butuh masukan untuk membuat kebijakan. Industri ini juga butuh dukungan dari stakeholders dan sebagai media dialog antara pemerintah, industry dan masyarakat itu sendiri,” jelas pimpinan forum editor energi.
.
Dudi menjelaskan, media perlu menjalin hubungan yang baik dengan insan humas. Media juga perlu membuka diri untuk menerima informasi terkait inovasi, teknologi dan praktik terbaru dalam industri hulu migas. Pun perlu mencari informasi tentang penemuan cadangan baru, investasi baru, efisiensi operasi dan akuisisi aset migas.

“Informasi kepada publik terkait dampak positif sosial ekonomi yang mampu diberikan industri hulu migas, upaya mitigasi dalam mengatasi dampak lingkungan yang mungkin terjadi dan implementasi energi hijau serta transisi energi juga menjadi informasi-informasi penting yang perlu diketahui Masyarakat,” papar Dudi.

Sementara itu, apa yang disampaikan kedua narasumber diatas diamini oleh Manager Regional Office & Relations HCML, Hamim Tohari. Di kesempatan tertulis, menurutnya komunikasi yang baik dan peran media menjadi dua kunci penting dalam menyampaikan informasi seputar hulu migas kepada para pemangku kepentingan.

“Industri hulu migas yang kompleks ini penting untuk diketahui oleh semua lapisan pemangku kepentingan, harapannya agar mereka memiliki pengetahuan dan pemahaman yang utuh. Disitulah peran penting media dalam membantu mengkomunikasikan hal tersebut,” pungkas Hamim. [riq.hel]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img