24 C
Sidoarjo
Thursday, July 18, 2024
spot_img

Kades dan BPD di Kota Batu Dituntut Pertajam Inovasi dan Program

Kota Batu, Bhirawa
Para Kepala Desa (Kades) dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Kota Batu dituntut untuk mampu mempertajam inovasi dalam program kegiatan dalam membangun desa dan pelayanan masyarakat.

Hal ini ditegaskan Pj Wali Kota Batu, Ariea Agung Paewai saat mengukuhkan perpanjangan masa jabatan kades dan BPD yang dilaksanakan di Graha Pancasila, Balai Kota Batu, Kamis (4/7/2024).

Ada sebanyak 19 Kepala Desa dan 137 anggota Badan Permusyawaratan Desa se-Kota Batu yang dikukuhkan Pj Walikota. Perpanjangan masa jabatan kadea dan BPD ini merupakan amanat Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2024 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

“Masa jabatan kepala desa dan BPD yang awalnya 6 tahun sebanyak 3 periode, diubah menjadi 8 tahun dan hanya boleh menjabat selama dua periode,” ujar Aries AP, Kamis (4/7).

Ia berpesan agar Kepala Desa dan anggota BPD untuk lebih mempertajam program kegiatan di desa. Hal ini dilakukan melalui inovasi-inovasi dan kreativitas untuk membangun desa dan memberikan pelayanan dalam mensejahterakan masyarakat.

“Karena salah satu pertimbangan masa jabatan Kepala Desa dan BPD diperpanjang adalah agar ada kesinambungan pembangunan di desa. Oleh karena itu, pertajam program kegiatan sehingga lebih optimal dalam pelayanan dan kesejahteraan masyarakat,” jelas Aries AP.

Selain itu, dengan perubahan UU ini kewenangan yang diberikan akan semakin besar. Dan diharapkan Kepala Desa dan BPD bekerja bersama serta berinovasi demi kemajuan desa.

Berita Terkait :  SIG Dukung Kementerian BUMN dalam Peningkatan Kemampuan

Selain itu Kepala Desa dan BPD bisa bersama Pemerintah Kota untuk mensukseskan program strategis daerah. Antara lain, menurunkan angka kemiskinan, angka pengangguran, dan stunting.

“Tidak ada satupun pemerintah yang ingin melihat masyarakatnya miskin. Dengan saling bersinergi antara Pemerintah Desa dan Pemerintah Kota Batu, maka pengabdian ke masyarakat akan lebih maksimal dan memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat dan tidak ada lagi kemiskinan,” papar Aries AP.

Dan tak lupa, Aries AP juga berpesan agar Kepala Desa dan BPD turut serta mensukseskan Pilkada Kota Batu sehingga bisa berjalan aman, damai, dan tertib. Karena siapapun yang terpilih adalah pilihan masyarakat.

Kepala Desa bersama dengan Babinsa, Bhabinkamtibmas dan seluruh jajaran agar terus menjaga kondusifitas wilayah. Karena Pilkada ini sangat berat, dan tentunya bisa berjalan dengan baik apabila dilakukan dengan komunikasi dan sinergitas yang baikseluruh elemen masyarakat. [nas.dre]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru