28 C
Sidoarjo
Saturday, July 20, 2024
spot_img

Jangkau Lansia Rentan, UPT PSTW Pasuruan Adakan Layanan Inovasi Jalan Setia

Kab Pasuruan, Bhirawa.
Jalan Setia (Jangkauan Lanjut Usia Sehat dan Bahagia) merupakan suatu pelayanan inovasi yang diselenggarakan oleh UPT PSTW Pasuruan untuk meningkatkan kualitas hidup lansia agar usia harapan hidup lebih baik dengan melakukan perawatan dan pendampingan secara door to door (kunjungan rumah ke rumah).

Kali ini program jalan setia dilaksanakan di dua titik yaitu Kelurahan Kutorejo dan Desa Plintahan Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan.

Program ini dilatarbelakangi karena kompleksnya permasalahan dalam perawatan lanjut usia yaitu masalah psikososial (merasa sendiri, kehilangan peran sosial, merasa tidak mandiri), memiliki penyakit penyerta, kondisi fisik yang menurun, kemampuan berpikir dan daya ingat menurun hingga kekurangan nutrisi.

Dari kompleksitas permasalahan tersebut UPT PSTW hadir sebagai teman lansia dengan menggandeng
masyarakat hingga lembaga pemerintah setempat untuk mengatasi kondisi tersebut

Sasaran program ini yaitu lanjut usia berusia minimal 60 tahun, terlantar secara sosial dan ekonomi, lansia yang belum mendapat program bantuan apapun dari pemerintah dan direkomendasikan dari desa atau tokoh masyarakat lingkungan setempat.

Program ini menjangkau lansia rentan di luar panti/UPT untuk mewujudkan lansia sehat dan bahagia, memberikan dukungan pengganti peran keluarga serta role model bagi keluarga dan masyarakat setempat.

Bentuk layanan yang diberikan kepada lansia yaitu, pendampingan berupa dukungan psikologis dan motivasi kepada lansia, perawatan kebersihan diri lansia (potong kuku, potong rambut), pemeriksaan kesehatan dasar meliputi tensi, pengecekan gula darah dan asam urat, tambahan nutrisi berupa sembako dan makanan sehat.

Berita Terkait :  Pemkab Sidoarjo Persiapkan MTQ Kabupaten ke-31

Kepala UPT PSTW Pasuruan Dinsos Jatim Saroni, S.ST, M.Si menjelaskan harapan dari program layanan inovasi ini dengan adanya layanan ini semua lansia menjadi sehat dan bahagia, sekaligus bisa meningkatkan kesadaran keluarga dan masyarakat akan merawat lansia yang rentan.

“Kami berkomitmen terus menjangkau lansia rentan, memantau kondisinya secara keseluruhan dan yang terpenting meningkatkan kualitas hidup lansia seperti tagline UPT Pelayanan Sosial Tresna Werdha di lingkungan Dinsos Prov Jatim yaitu salam lansia (sayang lansia semuanya),” ujarnya. ( rac.hel).

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru