30 C
Sidoarjo
Sunday, December 7, 2025
spot_img

Festival Jajanan Pasar, Sarana Promosi Kuliner di Kota Malang

Kota Malang, Bhirawa
Festival Jajanan Pasar sebagai salah satu agenda peringatan HUT Kota Malang ke 111. Acara ini digelar untuk memanjakan pecinta kuliner dan jajanan pasar.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI), Malang menggelar acara ini, berkolaborasi dengan Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan Kota Malang serta Perbankan sebagai bentuk dukungan promosi kuliner Kota Malang yang banyak dijalankan pelaku UMKM.

Kepala Perwakilan BI Malang, Febrina, mengemukakan, event ini menjadi salah satu kegiatan Road to Karya Kreatif Indonesia (KKI) Tahun 2025 di wilayah Malang.

“Festival Jajanan Pasar akan diselenggarakan pada tanggal 23 s.d. 30 April 2025 serentak di 4 pasar tradisional Kota Malang,” tutur Febrina.

Empat pasar tersebut adalah Pasar Klojen, Pasar Oro-oro Dowo, Pasar Sawojajar, dan Pasar Tawangmangu, dan melibatkan lebih dari 111 UMKM kuliner. Festival Jajanan Pasar mengambil tema “Merayakan Rasa, Membangun Cerita, Menyatu Dalam Tradisi”.

Menurut Febrina tema ini dipilih karena jajanan pasar mewakili identitas Kota Malang dan telah ada secara turun-temurun seiring dengan bertambahnya usia Kota Malang.

“Selain mempromosikan kuliner tradisional di Kota Malang, kegiatan ini juga bertujuan untuk melestarikan kuliner tradisional di tengah hegemoni produk kuliner modern yang semakin beragam serta dukungan nyata terhadap Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI),” tandasnya.

Festival Jajanan Pasar dibuka oleh Walikota Malang Dr. Ir.H. Wahyu Hidayat,MM, bersama Wakil Walikota Malang Ali Mutohirin, Ketua DPRD Kota Malang Amithya Ratnanggai Siraduhita. Usai pembukaan acara dilanjutkan dengan pengalaman pembayaran non tunai (QRIS-xperience) di tenant-tenant yang ada di Pasar Klojen.

Berita Terkait :  Kongres XVIII Muslimat nahdatul Ulama, Presiden Prabowo: Khofifah Pemimpin Luar Biasa

Pembukaan Festival Jajanan Pasar turut dimeriahkan dengan edukasi Cinta Bangga dan Paham Rupiah, Edukasi Halal Lifestyle, dan kampanye pembayaran non tunai oleh Kantor Perwakilan BI Malang.

“Untuk mendorong penggunaan pembayaran non tunai selama event berlangsung ada kompetisi antar merchant dengan volume transaksi QRIS terbanyak yang akan mendapatkan apresiasi dari BI,”tambah Febrina.

Selama penyelenggaraan Festival Jajanan Pasar, konsumen juga akan mendapatkan diskon khusus dari Perbankan tertentu, yang diharapkan menjadi daya tarik untuk berbelanja kuliner di pasar. Febrina mengajak masyarakat berbelanja menggunakan QRIS untuk memudahkan transaksi pembayaran yang praktis dan aman. [mut.kt]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow

Berita Terbaru