28 C
Sidoarjo
Friday, July 12, 2024
spot_img

BPS Bojonegoro Berkolaborasi dengan Perpustakaan Unigoro Gelar Pelatihan E-Views


Bojonegoro, Bhirawa
Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bojonegoro berkolaborasi dengan Perpustakaan Universitas Bojonegoro (Unigoro) menggelar Pelatihan E-views: Aplikasi dan Interpretasi, pada Senin (24/6). Pelatihan yang dipandu oleh Zezen Sulistiya Riantini selaku petugas bidang sosial BPS Bojonegoro ini diikuti oleh puluhan mahasiswa Unigoro.

Di hadapan para peserta, Zezen menerangkan, E-views merupakan singkatan dari Econometric Views yang digunakan untuk mengolah time series maupun panel. Peneliti harus bisa mengindentifikasi ciri-ciri data terlebih dahulu sebelum diolah di aplikasi E-views.

Jenis-jenis analisis yang dihasilkan dari E-views di antaranya analisis model peramalan (arima), analisis inferensia, analisis deskriptif, dan analisis multivariasi.

” E-views bisa digunakan untuk mengisi data yang kosong. Contohnya ada data triwulan I, triwulan II, dan triwulan IV. Artinya data triwulan III kosong. Nah, kita bisa mendapatkan data yang kosong itu karena ada analisis metode peramalan,” jelasnya.

Zezen melanjutkan, tahapan analisis dengan aplikasi E-views diawali dengan menentukan model yang tepat. Kemudian melakukan uji asumsi klasik dan diakhiri dengan melakukan hipotesa. Menurutnya,peneliti tidak boleh saklek di satu model saja. Melainkan harus mengidentifikasi data-datanya terlebih dulu.

“Ada tiga jenis model yang digunakan di E-views. Common effect model, fixed effect model, dan random effect model,” imbuhnya.

Setelah mendengar paparan materi, para mahasiswa diajak untuk praktik mengolah data menggunakan aplikasi E-views. Aplikasi ini cocok digunakan untuk penelitian kuantitatif.[bas.ca]

Berita Terkait :  Meningkatkan Minat Berwirausaha Siswa SMPN 41 Surabaya dengan Pembelajaran Online Marketing

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru