28 C
Sidoarjo
Thursday, September 19, 2024
spot_img

Dino Night Run, Ikuti Semangat Pemkot Batu Hidupkan Sport Tourism

Pemkot Batu, Bhirawa.
Semangat menghidupkan sport tourism di Kota Batu tak hanya ditunjukkan pemerintah kota (pemkot) setempat. Pihak swasta di kota ini juga mulai semangat menggelar even – even olahraga wisata untuk terus mendongkrak kunjungan wisata ke Kota Batu. Sabtu (14/9), Jatim Park Group sukses menggelar marathon wisata bertajuk ‘Dino Night Run Seasion 2’.

Lari marathon yang digelar di malam hari ini berhasil menarik minat lebih dari 1.500 pelari dari berbagai penjuru Tanah Air. Bahkan Penjabat (Pj) Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai ikut bersama ribuan pelari mengelilingi seluruh objek wisata yang ada di Jatim Park 3.

“Kami mengapresiasi upaya Jatim Park Group dalam menyelenggarakan even yang sangat menarik ini, yang tidak hanya memberikan hiburan bagi masyarakat, tetapi juga berdampak positif pada perekonomian Kota Batu, terutama sektor pariwisata,” ungkap Aries AP dalam sambutannya, Sabtu (14/9).

Dengan rute sepanjang 5 km, para peserta tidak hanya merasakan sensasi lari di malam hari. Tetapi mereka juga bisa menikmati keindahan alam dan wahana-wahana menarik yang ada di kawasan wisata Jatim Park 3.

Tentu saja tingginya animo masyarakat dari penjuru Negeri untuk mengikuti Dino Night Run ini mampu meningkatkan kunjungan wisata ke Kota Batu.

Kehadiran ribuan pelari bersama keluarga dan teman-teman telah membuat tingkat hunian hotel di kota ini mampu mencapai 100 persen alias penuh.

Berita Terkait :  Anugerah Jurnalistik 2024, Angkat Tujuh Tahun Badan Pengelola Keuangan Haji Menjaga Amanah

Hal ini menunjukkan bahwa even sport tourism ini berhasil menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Kota Batu dan menikmati libur panjang. Aries berharap Dino Night Run bisa menjadi agenda rutin, baik tahunan atau bahkan beberapa kali setahun.

“Diharapkan kegiatan sport tourism seperti ini tidak hanya Jatim Park Group yang menyelenggarakan. Tapi juga obyek-obyek wisata lainnya yang menjadi tujuan kita bersama Kota Batu menjadi Sport Tourism City,” harap Aries AP.

Sebelumnya, Pemkot Batu telah menunjukkan keseriusannya untuk meningkatkan kepariwisataan kota ini ke dunia internasional. Hal ini direalisasikan Dinas Pariwisata (Disparta) kota ini dengan menggelar dua even olahraga wisata atau sport tourism bertaraf internasional.

Dua even ini ini dikemas dalam tajuk Batu International Sport Tourism Festival (BISTF) 2024. Dalam even ini, disparta menggelar dua olahraga wisata yaitu, Paragliding Accuracy League 2024, dan Lomba Tenis Nasional KWB Open.

Untuk Paragliding Accuracy Leage telah digelar pada 3 – 7 Juli 2024. Adapun untuk gelar Lomba Tenis Nasional dilaksanakan pada 26 – 28 Juli 2024.

Aries menjelaskan bahwa khusus gelar even paralayang sengaja digelar tingkat internasional. Diharapkan dengan digelarnya even ini akan mampu menjadi daya tarik wisatawan dari seluruh penjuru dunia untuk berkunjung ke Kota Batu.

Dikatakan Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arief As Shiddiq bahwa BISTF Paragliding Accuracy League 2024 mampu menyedot 65 atlet nasional dan 4 atlet mancanegara. Mereka akan memperebutkan total hadiah senilai 3.750 Euro atau sekitar Rp66 juta.

Berita Terkait :  Amankan Harga Pangan, Bulog Bojonegoro Gelar Siaga Merdeka

“Selain mempromosikan wisata, BISTF Paragliding Accuracy League 2024 juga mampu mendorong perkembangan olahraga paralayang dan sport tourism di Kota Batu,” ujar Arief. Apalagi untuk setiap peserta hanya ditarik biaya registrasi sebesar 80 Euro sudah termasuk akomodasi selama lima malam. [nas.dre]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img