31 C
Sidoarjo
Sunday, July 21, 2024
spot_img

Unars Gelar Seminar Nasional, Ajak Mahasiswa Kenali Kebijakan Pemkab Situbondo

Bupati Karna Suswandi saat memberikan pengarahan saat membuka seminar nasional di pendopo Aryo Kamis (27/6). foto: sawawi/bhirawa

    Situbondo, Bhirawa.
    Kampus terbesar di Kota Santri Pancasila, Universitas Abdurachman Saleh (Unars) Situbondo, menggelar seminar nasional yang dihelat di pendopo Aryo Situbondo, Kamis (27/6). Hadir diantaranya, Bupati Karna Suswandi, Wabup Nyai Hj Khoirani, Sekda Wawan Setiawan serta Rektor Unars Muhammad Yusuf Ibrahim. Pembina Yayasan Unars berikut Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris Yayasan Unars juga ikut terlibat dalam acara tersebut.

    Informasi yang berhasil dihimpun Bhirawa menyebutkan, dalam seminar nasional yang digagas Fisipol Unars Situbondo tersebut, melibatkan Bupati Situbondo Karna Suswandi sebagai pemateri utama.

    “Ya Seminar Nasional (Semnas) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) Universitas Abdurachman Saleh Situbondo (Unars) ini mengundang Bupati Karna Suswandi sebagai pemateri atau narasumber,” tutur Rektor Unars Muhammad Yusuf Ibrahim.

    Masih kata Rektor Yusuf, kegiatan tersebut berlangsung di Pendapa Arya Situbondo dengan mengusung tema “Isu dan Kebijakan Desentralisasi Pemerintah Kabupaten Situbondo Dalam Mendukung Kualitas Pendidikan Perguruan Tinggi”.

    “Seminar ini seperti kita dilaut melihat samudera. Kita mengajak langsung mahasiswa terjun ke lapangan,” tandas Muhammad Yusuf Ibrahim.

    Masih kata Muhammad Yusuf Ibrahim, tujuan dari penyelenggaraan seminar nasional agar mahasiswa Fisipol mengetahui berbagai kebijakan pemerintah daerah.

    “Dengan adanya sistem otonomi daerah, yaitu desentralisasi maka kebijakan di setiap daerah itu berbeda-beda. Kita memperkenalkan hal tersebut kepada mahasiswa,” ucap Muhammad Yusuf Ibrahim.

    Berita Terkait :  Coklit Selesai, Pj Wali Kota Mojokerto Imbau Masyarakat Cek Status Pemilih

    Bupati Situbondo Karna Suswandi bersama Wabup; Sekda dan Rektor Unars Muhammad Yusuf Ibrahim serta jajaran pengurus yayasan Unars saat pembukaan acara seminar nasional di pendopo, Kamis (27/6). foto: sawawi/bhirawa

    Sementara itu Bupati Situbondo Karna Suswandi menimpali dalam kesempatan itu, dirinya menyampaikan materi tentang Kebijakan dan Desentralisasi Menuju Situbondo Berjaya. Di hadapan 480 mahasiswa yang hadir secara langsung baik langsung daring, pria yang akrab disapa Bung Karna ini menyampaikan berbagai keberhasilan pembangunan yang dilakukan oleh Pemkab Situbondo di masa kepemimpinannya dengan Nyai. Khoirani.

    “Kami sudah berhasil
    membuka akses jalan Merak-Baluran, pembukaan rute Jangkar-Lembar di Pelabuhan Jangkar, hingga pembangunan GOR di Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan,” beber mantan PLT Bupati Bondowoso itu.

    Bupati Karna melanjutkan, semua itu lakukan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan prestasi atlet-atlet Situbondo di kancah regional hingga internasional. Agar terus berkembang pesat, sambung Bupati Karna, Pemkab Situbondo juga mempunyai program unggulan di bidang kesehatan, yakni Sehati (Situbondo Sehat Gratis). Di mana dengan program ini masyarakat Situbondo hanya dengan menunjukkan E-KTP saja berobat di RSUD atau fasilitas kesehatan yang ada.

    “Kemudian kami juga memberikan insentif kepada guru ngaji, guru minggu sebesar Rp 2 juta per tahun serta insentif kepada kader posyandu, kader lansia, dan kader KB. Kami juga menaikkan honor guru PAUD sebesar Rp 350 ribu per bulan. Ini semua kami lakukan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Situbondo,” tegas mantan PLT Sekda Bondowoso itu. (awi.hel).

    Berita Terkait

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Follow Harian Bhirawa

    0FansLike
    0FollowersFollow
    0FollowersFollow
    spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

    Berita Terbaru