25 C
Sidoarjo
Sunday, July 14, 2024
spot_img

TRC BPBD Jatim Padamkan Api dan Basahi Kawasan Gunung Bromo

TRC BPBD Jatim memadamkan api di kawasan Gunung Batik, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Cegah Munculnya Percikan Api dari Bara

BPBD Jatim, Bhirawa
TRC BPBD Jatim bersama seluruh elemen terkait berhasil memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di kawasan Gunung Batok, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Guna mencegah timbulnya api, TRC BPBD Jatim melakukan upaya pendinginan dan pembasahan kawasan tersebut.

Kalaksa BPBD Jatim, Gatot Soebroto mengatakan, tim gabungan terus berjibaku memadamkan api di lokasi kejadian karhutla. Setelah dilakukan upaya pemadaman pada Sabtu (22/6) hingga dini hari, api berhasil dipadamkan.

“Api berhasil dipadamkan dan Minggu (22/6) pagi sudah mulai dilakukan upaya pendinginan dan pembasahan. Tujuannya untuk menghindari munculnya api dari bara atau asap yang masih nampak dibeberapa titik,” kata Kalaksa BPBD Jatim, Gatot Soebroto dikonfirmasi Bhirawa, Minggu (22/6).

Pihaknya pun berterima kasih kepada semua pihak, yakni tim gabungan dari BPBD Kabupaten Pasuruan, BPBD Kabupaten Probolinggo, Tim TNBTS, TNI-Polri. Serta relawan Masyarakat Peduli Api (MPA), TRC BPBD Jatim yang turut berjibaku melakukan pemadaman api di lokasi kejadian.

Tim gabungan ini, lanjut Gatot, melakukan pemadaman api dengan sangat maksimal. Selain dengan gepyak dan ranting pohon, pemadaman juga dilakukan dengan penyemprotan air. Termasuk dengan jetshooter, seperti yang dilakukan TRC BPBD Jatim.

“Terima kasih atas upaya dan kerja sama dari semua pihak dalam pemadaman api di Gunung Batok. Kami berharap pemadaman pada Minggu (23/6) bisa membuat kawasan Bromo aman dari potensi kebakaran kembali,” ungkapnya.

Berita Terkait :  Kodim Bojonegoro Gelar Komsos dengan Masyarakat

Kepada tim gabungan yang melakukan upaya pendinginan dan pembasahan, pihaknya berpesan agar selalu berhati-hati. Serta tak lupa pihaknya mengingatkan kepada tim gabungan untuk tetap waspada dalam menjalankan aksinya.

“Sekali lagi saya ucapkan terima kasih untuk semua elemen yang terlihat dalam pemadaman ini. Ingat, tetap waspada dan berhati-hati saat bertugas,” pesannya.

Diketahui, setelah sempat padam di titik Mororejo dan Podokoyo pada Sabtu (22/6) siang, kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) kembali terbakar lagi. Kobaran api menjalar di Kawasan Gunung Batok, Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan.

Alhasil, BPBD Jatim pun kembali mereaksi cepat dengan menerjunkan tim ke lokasi kejadian. Dengan membawa peralatan pemadaman, seperti gepyok, jetshutter, truk tangki dan pompa alkon. Tim gabungan berhasil memadamkan api dan melakukan pendinginan dan pembasahan lahan setempat. (bed.hel).

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru