28 C
Sidoarjo
Tuesday, July 23, 2024
spot_img

Tingkatkan Kompetensi Guru, Unusa Buka Prodi S2 Pendidikan Dasar

Surabaya, Bhirawa
Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) membuka Program Studi Magister (S2) Pendidikan Dasar. Pembukaan ini mengacu pada Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 331/E/O/2023. Pemberian izin ini menandai upaya Unusa dalam peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

Wakil Dekan FKIP Unusa, Dr Nafiah MPd mengungkapkan, pembukaan Program Studi S2 Pendidikan Dasar ini merupakan wujud nyata dari komitmen Unusa untuk terus berkontribusi dalam dunia pendidikan, khususnya dalam meningkatkan kompetensi para pendidik di tingkat dasar. ‘’Kami berharap program studi ini dapat menjadi salah satu pilar dalam pengembangan pendidikan dasar di Indonesia, dengan menghasilkan lulusan yang siap mengabdi dan berinovasi,’’ ungkapnya, Senin (10/6).

Nafiah menambahkan, Program Studi S2 Pendidikan Dasar Unusa dirancang dengan kurikulum yang inovatif dan relevan dengan perkembangan terkini di bidang pendidikan dasar. Kurikulum ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi pendidik yang unggul dan adaptif terhadap perubahan zaman. ‘’Melalui pendekatan kurikulum yang berfokus pada pengembangan praktis dan teoritis, kami berupaya mencetak lulusan yang tidak hanya memiliki pemahaman mendalam tentang konsep pendidikan dasar, tetapi juga mampu menerapkannya dalam konteks nyata di lapangan,’’ tambahnya.

Prodi S2 Pendidikan Dasar ini juga didukung fasilitas pembelajaran yang memadai, termasuk laboratorium pendidikan, perpustakaan yang lengkap, dan akses ke berbagai sumber belajar digital. Selain itu, Unusa menyediakan lingkungan belajar yang kondusif dengan ruang kelas yang modern dan nyaman. Tenaga pengajar di prodi ini pun cukup berpengalaman dan ahli di bidangnya, serta berasal dari lulusan tenaga pengajar dari dalam negeri maupun luar negeri. ‘’Kami bangga memiliki tim pengajar yang tidak hanya berkompeten dalam bidang akademik, tetapi juga memiliki pengalaman praktis yang luas di bidang pendidikan dasar. Mereka siap membimbing dan
menginspirasi mahasiswa untuk mencapai potensi terbaik mereka,’’ ungkapnya.

Berita Terkait :  Jatim Juara Umum Nasional LKSN PDBK 2024, Kadindik Apresiasi Sikap Kompetitif ABK

Nafiah menambahkan, selain kegiatan belajar mengajar, prodi S2 Pendidikan Dasar Unusa juga menawarkan berbagai kesempatan penelitian dan pengembangan yang dapat membantu mahasiswa dalam mengembangkan potensi dan kompetensinya secara maksimal. Program ini mendorong mahasiswa untuk terlibat dalam proyek penelitian yang berfokus pada isu-isu pendidikan dasar kontemporer, baik secara lokal maupun global. ‘’Melalui penelitian yang dilakukan, kami berharap dapat memberikan kontribusi nyata dalam memecahkan berbagai tantangan di bidang pendidikan dasar. Mahasiswa didorong untuk mengeksplorasi dan mengembangkan solusi inovatif yang dapat diterapkan dalam praktik pendidikan sehari – hari,’’ jelasnya.n ina.fen

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru