24 C
Sidoarjo
Saturday, July 13, 2024
spot_img

Siswa SMK Taman Siswa Berhasil Konversikan Kendaraan BBM ke Listrik


Kota Mojokerto, Bhirawa
Sebuah inovasi patut diacungi jempol dari para Pelajar Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Taman Siswa Mojokerto, setelah berhasil mengkonversikan mesin kendaraan Berbahan Bakar Minyak (BBM) menjadi kendaraan yang digerakkan listrik.

Peluncuran kendaraan konversi ini mengusung Tema ‘Konversi Mobil dan Sepeda Motor Listrik, Langkah Tamansiswa Menjaga Bumi Majapahit’ digelar di SMKN Tamansiswa Kota Mojokerto, Wates Kecamatan Magersari, Selasa (2/7). SMKN Tamansiswa memperkenalkan sejumlah jenis kendaraan yang berhasil dikonversi menjadi bertenaga listrik. Antara lain, mobil listrik, viar listrik, dan motor listrik.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Mojokerto, Ruby Hartoyo menghadiri agenda ini. Mewakili Pj Wali kota Moh Ali Kuncoro, Ruby mengungkapkan, jika pihaknya mengapresiasi upaya yang dilakukan para siswa dan tenaga pendidik SMKN Tamansiswa.

“Ini (konversi) menjadi salah satu solusi yang efektif dalam mengurangi polusi udara dan mendukung terciptanya lingkungan yang lebih sehat,” ujarnya membacakan sambutan Pj Wali kota.

Sebagaimana diketahui, belakangan polusi udara yang diakibatkan dari hasil pembakaran bahan bakar fosil yang dipakai kendaraan bermotor semakin mengkhawatirkan. Gas residu hasil proses pembakaran tersebut berkontribusi dalam meningkatnya pemanasan global yang menyebabkan perubahan iklim.

Selain itu, polusi udara berdampak langsung pada penurunan kualitas udara di sekitar masyarakat. Sehingga, makin marak kasus gangguan kesehatan berupa Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) yang diderita masyarakat, terutama di kota-kota besar.

Berita Terkait :  Bawaslu Kabupaten Malang Tak Miliki Kewenangan Dugaan Suap Mantan Ketua KPU

“Ini adalah langkah nyata dalam mendukung program pemerintah pusat maupun agenda global untuk mewujudkan transportasi yang ramah lingkungan dan berkelanjutan,” tambah sosok yang juga Plt Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ini.

Proyek ini berjalan dibawah binaan Ki Prof Drs Pardimin MPd PhD yang juga Rektor Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Serta bekerjasama dengan PT Brajakara Teknologi Media yang merupakan industri yang menaungi langsung IMEV (Indo Motor Electric Vehicle).

“Kolaborasi in tentu saja menjadi suatu terobosan bagi SMK Tamansiswa untuk dapat berpartisipasi dalam mengembangkan teknologi bidang konversi motor dan mobil listrik, sekaligus mendukung percepatan program pemerintah dalam bidang ini,” tandasnya. [min.fen]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru