25 C
Sidoarjo
Tuesday, July 16, 2024
spot_img

Siapkan Tim Kesehatan Pastikan AUG Cabang Pencak Silat Aman


Kota Malang, Bhirawa
Tim kesehatan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) pada ajang Asean University Games (AUG), disiapkan lebih agar cabang olahraga pencak silat yang diadakan di Dome Kampus Putih berlangsung aman. Even ini dilaksanakan pada 3-7 Juli itu, rentan sekali cedera fisik karena merupakan olah raga bela diri.

Menurut Koordinator Tim, dr Wildan Firmansyah, tentu pasti ada luka fisik karena benturan. Cedera yang dialami biasanya memar, patah tulang atau bahkan dislokasi sendi. Tapi di dua hari penyelenggaraan AUG ini tergolong aman. Hanya kemarin ada atlet dari Singapura yang mengalami patah di tulang selangka. Alhamdulillah sudah diatasi dan ditangani dengan baik. Apalagi UMM juga mempunyai RS yang dekat.

Menariknya, tim kesehatan yang disiapkan melebih standar yang biasa berlaku. Jika biasanya hanya empat tim kesehatan yang diterjunkan, kali ini tim tersebut terdiri dari 8-10 orang. Ada dokter anestesi, dokter saraf, dan 7 dokter umum. Selain itu juga ada tim fisioterapis serta sederet volunteer dari anak-anak muda.

“Kami siapkan lebih dari standar karene mengingat ini adalah event besar dan internasional. Dengan jumlah yang lebih banyak, harapannya bisa memastikan semua aman dan terkendali selama ajang AUG cabor pencak silat dilaksanakan,” kata dokter RS UMM itu.

Disediakan pula dua ambulans yang terdiri dari satu ambulans transport dan satu ambulance advance. Keduanya dilengkapi dengan alat-alat yang mencukupi, terutama model advance. Dengan begitu, jika teradi kecelakaan atau luka serius, bisa langsung ditangani dan dibawa ke rumah sakit untuk bisa ditangani lebih lanjut. Apalagi jika mengalami luka yang serius dan perlu penanganan khusus.

Berita Terkait :  Pemkot Batu Kembangkan Sarpras Sport Tourism Paralayang

Terakhir, dokter yang sering turun sebagia tim relawan itu berharap, ke depan ada platform komunikasi yang lebih baik antar tim kesehatan yang ada di beberapa venue. Dengan begitu, mereka bisa saling diskusi dan saling bantu agar efek yang diberikan semakin besar. Selain itu, volunteer yang berpengalaman juga akan menjadi tambahan tim yang bagus untuk membantu penanganan berbagai cedera selama kompetisi. [mut.fen]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru