23 C
Sidoarjo
Thursday, July 25, 2024
spot_img

Rekrut dan Seleksi Calon Magang Jepang, Kini 169 Orang Siap Ikuti Tes Wawancara

Pemprov Jatim, Bhirawa.
Ratusan peserta calon magang ke Negara Jepang selama tiga hari benar benar fokus mengikuti rekrut dan seleksi yang di dilaksanakan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur (Disnakertrans Jatim), Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) RI dan IM Japan.

Dari awalnya 235 orang yang mengikuti tes seperti matematika dan kesamaptaan di Asrama Transito Disnakertrans Jatim akhirnya mengugurkan 50 orang sehingga peserta yang mengikuti tes fisik di Lapangan Bogowonto sebanyak 185 orang.

Namun kembali ada yang gugur dalam tes ketahanan fisik sebanyak 16 orang, karena ketahanan fisik tersebut terdiri dari lari 2,4 km ditempuh dalam waktu 12 menit, push up sebanyak 35 kali, dan sit up 25 kali. Pada Kamis (4/7), sebanyak 169 orang akan mengikuti tes wawancara di Asrama Transito.

Perwakilan IM (International Manpower Development of Organization) Japan, Fujita S mengatakan, kalau ujian agar bisa ikut magang ke Jepang memang menempuh ujian yang berat yaitu adanya sistem gugur.

“Kali ini, tes ujian sangat ketat karena menggunakan sistem gugur. Tapi saya berharap semua peserta calon magang bisa lolos ujian tersebut,” katanya.

Ia juga mengatakan, negara Jepang menyukai pemagang asal Indonesia. Karena, pemagang Indonesia merupakan pekerja keras dan memiliki attitude yang bagus.

“Jadi kami cocok dengan peserta magang asal Indonesia ini,” imbuhnya.

Berita Terkait :  Nelayan dan Scoteris Lamongan Dukung Yuhronur

Sebelumnya Kepala Disnakertrans Jatim, Sigit Priyanto mengatakan, agar seluruh peserta calon magang bisa melakukan yang terbaik dalam ujian agar bisa turut dalam pemberangkatan magang ke Jepang.

“Mengingat begitu pentingnya kegiatan ini, saya menegaskan masing-masing peserta supaya bersunggung-sungguh untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam berinteraksi dengan tim lintas negara. Pelatihan ini dapat membantu dalam mengatasi perbedaan budaya dan meningkatkan kolaborasi yang efektif,” katanya.

Dengan dukungan dan fasilitas serta kordinasi yang telah dijaga, maka Sigit mengharapkan para peserta calon magang untuk tetap meningkatkan kompetensi dalam berkinerja dan profesionalisme.

“Sehingga dengan etos kerja yang meningkat dan selalu up to date akan memberikan kontribusi positif bagi kemajuan kita bersama,” tandasnya.

Sub Koordinator Pemagangan Luar Negeri Direktorat Bina Penyelenggaraan Pelatihan Vokasi dan Pemagangan, Sutarno mengatakan, kerjasama antara Kemnaker dan IM Japan sudah berlangsung 31 tahun, telah memberangkatkan para peserta 49 ribu lebih.

“Terakhir kami memberangkatkan 153 orang ke negeri Sakura, ” imbuhnya. [rac.dre]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru