24 C
Sidoarjo
Thursday, July 18, 2024
spot_img

Pj Wali Kota Batu Panen Cabai Serentak dan Bantu Alsintan Tingkatkan Ketahanan Pangan


Kota Batu, Bhirawa
Pemerintah Kota Batu terus berupaya untuk menekan inflasi daerah melalui beragam program. Hal ini untuk menjaga stabilitas harga bahan pokok salah satunya cabai. Kamis (4/7), Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai bersama warga melakukan panen cabai serentak di Dusun Junggo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji.

Diketahui, pada tahun ini Pemerintah Kota (Pemkot) Batu telah menanam cabai di total lahan seluas sekitar 238 hektar yang tersebar di 3 kecamatan. Dari lahan tersebut diperkirakan bisa menghasilkan cabai sebanyak 32,7 ton.

“Tentunya langkah ini diharapkan mampu meningkatkan ketahanan pangan dan menekan angka inflasi yang diakibatkan tingginya harga capai,” ujar Aries AP, Kamis (4/7).

Dan panen cabai serentak yang dilaksanakan kemarin merupakan salah satu program pemerintah untuk menjaga pasokan cabai di pasar sekaligus menjadi stok cabai. Dengan demikian diharapkan meningkatkan ketahanan pangan dan dapat menekan harga cabai di pasaran.

Pemerintah Kota Batu sendiri di Tahun 2024 menanam cabai jenis ORI 212 sebanyak 1500 peti, atau sebanyak 450.000 bibit dengan waktu tanam kurang dari 4 bulan.

Dalam kesempatan itu, Ariea AP juga memberikan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) kepada 10 kelompok tani. Yaitu, Kelompok Tani Maju Sukses Desa Tulungrejo yang dibantu Cultivator dan Mesin Pemotong Rumput. Kelompok Tani Wonoasri Desa Tulungrejo dibantu Stand Mixer dan Mesin Cetak Mie.

Berita Terkait :  Khofifah-Emil Dapat Suntikan di Pilgub Jatim, SDA Gaungkan Program 2B

Kemudian Kelompok Tani Gunung Harta Desa Tulungrejo dibantu Karpet Sapi, Kelompok Tani Pangestu Desa Pandanrejo dibantu sprayer 2 In 1 dan APPO, Kelompok Tani Puncak Panorama Perjuangan Desa Pandanrejo dibantu Sprayer 2 In 1.

Selanjutnya, Kelompok Tani Mandiri Desa Pandanrejo dibantu Sprayer 2 In 1, Kelompok Tani Maju Makmur Desa Sumbergondo dibantu Cultivator dan Sprayer 2 In 1, dan Kelompok Tani Joyo Makmur Desa Sumbergondo dibantu Cultivator dan Sprayer 2 In 1.

“Selain itu bantuan yang sama juga diberikan kepada Kelompok Tani Sri Mulyo Jati Desa Giripurno, dan Kelompok Tani Margi Rahayu 03 Desa Gunungsari,” tambah Aries AP.

Penyerahan bantuan alat pertanian ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Zadim Effisiensi, Perwakilan Forkopimda, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Heru Yulianto, dan Anggota Tim Pengendalian Inflasi Daerah Kota Batu. [nas.gat]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru