24 C
Sidoarjo
Thursday, July 18, 2024
spot_img

Pemkab Situbondo Beri Layanan Operasi Katarak Gratis

Situbondo, Bhirawa
Pemerintah Kabupaten Situbondo melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat menyelenggarakan bakti sosial (baksos) operasi katarak gratis untuk 2500 masyarakat Situbondo. Acara yang berlangsung di GOR Baluran tersebut bekerjasama dengan John Fawcett Foundation (JFF).

Kegiatan tersebut mengusung tema Semangat Soca Terak (Semangat Melayani Masyarakat Situbondo Cegah Kebutaan dengan Operasi Katarak) ini berlangsung mulai Selasa-Sabtu, 2-6 Juli 2024.

Bupati Situbondo, Karna Suswandi melalui Kepala Dinkes dr. Sandy Hendrayono menyampaikan, baksos operasi mata katarak gratis ini diselenggarakan karena jumlah masyarakat Situbondo yang berpotensi katarak terbilang tinggi. Yakni mencapai 6.947 jiwa. Angka itu setara dengan satu persen dari jumlah penduduk Kota Santri Pancasila Situbondo.

“Sementara itu, untuk dokter spesialis mata jumlahnya terbatas. Sehingga tidak memungkinkan untuk mengakomodir semua warga kita yang berpotensi katarak. Dan juga banyak pasien katarak ini merupakan warga kurang mampu dari sisi ekonomi,” ujar mantan Kepala Dinas PUPP Kabupaten Bondowoso dan Lumajang itu.

Mantan Direktur RSUD Besuki itu mengungkapkan, untuk pasien operasi katarak gratis terlebih dahulu dilakukan skrining. “Kalau kataraknya belum matur (matang) kita tunda untuk bisa mengikuti operasi katarak pada bulan November. Kalau sudah matur langsung kita operasi. Dari hasil skrining katarak yang bisa dioperasi ada 345 pasien,” tegas dr Sandy.

Guna mendukung operasi katarak ini, kata dr. Sandy, Dinkes Situbondo dan JFF menerjunkan tujuh dokter spesialis mata dan 24 paramedis yang diterjunkan. “Selain operasi mata katarak gratis, kami juga melayani pemberian kacamata, pemberian bola mata palsu, pemeriksaan mata untuk anak-anak. Semangat Soca Terak kali ini kami targetnya dua ribu peserta,” tutur dr Sandy.

Berita Terkait :  2025, BKAD Situbondo Ditarget Tuntaskan Sertifikasi 2.050 Bidang Tanah

Di tahun ini, lanjut dr. Sandy, Dinkes Kabupaten Situbondo menyelenggarakan operasi katarak sebanyak dua kali. “Pertama sekarang ini. Untuk yang kedua bakal diselenggarakan pada bulan awal November 2024,” tandas dr Sandy.

Di sisi lain, Projects Manager JFF, Komang Wardhana menimpali, jika kegiatan baksos operasi katarak ini diselenggarakan sejak tahun 2017 silam. “Baksos ini sudah berlangsung sejak 2017. Itu terealisasi berkat adanya kerjasama JFF dengan Pemkab Situbondo,” pungkas Komang Wardhana.[awi.ca]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru