23 C
Sidoarjo
Wednesday, July 24, 2024
spot_img

PDAM Kota Surabaya Tambah 7.000 Sambungan Rumah


Surabaya, Bhirawa
Untuk melayani kebutuhan warga Surabaya perihal air bersih agar semua warga terlayani sampai seratus persen, PDAM Surya Sembada setiap tahunnya menambah 7 ribu sambungan rumah (SR).

Hal itu menurut Direktur Pelayanan PDAM Surya Sembada Surabaya, Agung Pribadhi berdasarkan estimasi pertumbuhan penduduk setiap tahunnya.

”Untuk seratus persen teraliri air bagi warga Surabaya itu, alhamdulillah ditahun 2023 bulan Desember kita sudah mencapai seratus persen secara administrasi. Tapi fakta dilapangan ada beberapa yang belum terlayani, tapi itu kan tidak banyak,” jelasnya.

Akan tetapi menurut Agung pribadhi, secara administrasi menurut BPKP sudah seratus persen.Pelanggan PDAM sudah mencakup seratus persen dari jumlah jiwa yang ada.

”Itu perintah dari Wali Kota,beliau minta ditahun 2023 semua harus terlayani, dan secara administrasi sudah terlayani semua, tapi perkembangan warga selalu dinamis sehingga pasang baru selalu ada,” terang Agung kepada wartawan, Kamis (20/6/2024).

Untuk persyaratan pasang baru yang harus di penuhi oleh warga agar mendapatkan air bersih dari PDAM, Agung menjelaskan, yang pertama itu adalah legalitas kepemilikan lahan atau tanah.

Legalitas tanah bisa berupa sertifikat, petok D, bisa juga kepemilikan hak atas tanah berupa AJB (Akte Jual Beli), kedua rekening listrik, ketiga KTP pemohon.

”Sudah itu saja yang prioritas, kalau itu ada daftar langsung survei. Untuk maksimal terpasang tiga hari untuk pelayanan, itu setelah bayar tiga hari kita pasang. Tapi untuk rata-rata sekarang kita bayar besoknya langsung pasang, di SOP kita maksimal tiga hari kita pasang, tapi di recordnya pagi bayar sore pasang.” jelasnya.

Berita Terkait :  Transisi Mobil Listrik Bertahap, Pemprov Bersiap Garap Sektor Transportasi Publik

Lebih lanjut Agung menyampaikan, untuk tahun 2024 estimasi kita nambah, kurang lebih 7 ribu sambungan rumah (SR), karena dari estimasi pertumbuhan penduduk.

”Jadikan kita bisa estimasi pertumbuhan penduduk setiap tahun sampai lima tahun kedepan. Kita bisa gunakan untuk target pasang baru,” tambahnya.

Selain itu PDAM juga membuat jaringan baru apabila di depan rumah pelanggan tidak ada jaringan.

”Kalau dulu itu hanya masyarakat MBR yang akan kita bantu. ‘Tapi sekarang semua rumah tangga, kalau belum ada jaringan kita pasang jaringan gratis, itu untuk menambah agar setiap orang menjadi pelanggan PDAM.” ujar Agung.

“Selain mengratiskan jaringan pipa induk, kita juga ada diskon. Kita memperpanjang waktu diskon yang biasanya satu bulan dua bulan, sekarang kita perpanjangan sampai 31 Juli 2024. Untuk daya listrik 450 Watt cuma bayar Rp200 ribu, 900 Watt bayar Rp300 dan 1300 Watt bayar Rp600 ribu kalau normalnya Rp1.700.000,” pungkasnya. [dre]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru