25 C
Sidoarjo
Wednesday, July 17, 2024
spot_img

Lima Jemaah Haji Asal Tuban Meninggal Dunia di Tanah Suci Arab Saudi

Kab Tuban, Bhirawa.
Seluruh jemaah haji Kabupaten Tuban tahun 2024 telah kembali ke bumi wali Tuban. Tangis haru pecah manakala rombongan jemaah haji asal Kabupaten Tuban tahun 2024 kembali bertemu dengan keluarga di Kompi Senapan C.

Kepulangan para jamaah haji yang tergabung di kloter 11, 12, 13 dan 14 dilakukan secara bertahap. Kloter 11, 12, dan 13 tiba pada Selasa (25/06). Sedangkan, kloter 14 tiba di Kompi Senapan C kawasan Jalan Sunan Kalijaga pada Rabu (26/06).

Pada hari Selasa, jemaah haji kloter 11 tiba di Kabupaten Tuban pada pukul 15.00 WIB. Selanjutnya, pada pukul 21.00 WIB, kloter 12 dan disusul kloter 13 tiba di kawasan Kompi Senapan C Jalan Sunan Kalijaga.

Staf Ahli Bupati Tuban Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Didik Purwanto, S.Pd., M.Si., menyampaikan terima kasih kepada panitia penyelenggara, pendamping, hingga keluarga jemaah haji yang kondusif selama proses pemulangan haji. Setibanya di rumah, jemaah haji diminta menjaga kesehatan setelah tiba di rumah.

“Biasanya ada banyak tamu yang berkunjung, karenanya harus pandai-pandai menjaga kesehatan,” pesan Didik Purwanto.

Mantan Kepala Kesbangpol Pemkab Tuban ini mengatakan, kalau proses pemulangan jemaah haji asal Kabupaten Tuban berjalan lancar. Jemaah haji diberangkatkan dari Asrama Haji Sukolilo Surabaya menumpang 26 armada bus dengan mendapat pengawalan dari pihak kepolisian dan tenaga medis.

Berita Terkait :  Tak Serahkan LHKPN, Caleg Terpilih Tidak Bisa Dilantik

Sedangkan, barang bawaan jemaah haji dimuat dalam 1 truk kontainer tiap kloter yang menjadi satu iring-iringan jemaah haji.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tuban, Hj. Umi Kulsum, S.Ag., M.Pd.I., menjelaskan jumlah jemaah haji asal Kabupaten Tuban tahun 2024 mencapai 1.166 orang. Jemaah haji terbagi di kloter 11 sebanyak 336, kloter 12 sebanyak 336 orang, kloter 13 sebanyak 336 orang, kloter 14 sebanyak 59 orang, dan 6 orang jemaah haji yang tergabung dengan kloter daerah lain. “Jemaah haji asal Kabupaten Tuban yang meninggal dunia sebanyak 5 orang,” ujarnya.

Selain itu, masih terdapat 1 jemaah haji dari kloter 13 masih menjalani perawatan di Kota Medan. Jemaah haji mengalami penurunan kondisi kesehatan saat transit di Bandar Udara Internasional Kualanamu Kota Medan.

Mantan Ketua PC Fatayat NU Kabupaten Tuban ini juga menyampaikan terima kasih atas dukungan Pemkab Tuban, Polres, dan semua pihak yang turut mensukseskan rangkaian pelaksanaan ibadah haji. Pelayanan haji mengalami peningkatan tiap tahunnya.

“Jemaah haji asal Tuban bercerita ke saya bahwa dia sangat senang mendapat pelayanan selama rangkaian ibadah haji,” ujarnya.

Pihaknya akan tetap meningkatkan pelayanan yang lebih baik agar jemaah haji kian mudah dan nyaman saat menjalankan rukun Islam kelima tersebut.[hud.ca]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru