25 C
Sidoarjo
Friday, July 19, 2024
spot_img

Layanan Jemput Bola ke Desa, Poskampling Kecamatan Gedangan Sidoarjo Dilaunching

Sidoarjo, Bhirawa.
Kecamatan Gedangan, Kamis (4/7) akhir pekan lalu, melaunching inovasi pelayanan publik ” Pos Kampiling” kepanjangan dari pelayanan on the spot kecamatan keliling.

Layanan jemput bola kepada warga di 15 desa , yang berada di wilayah Kecamatan Gedangan.

“Meskipun kita launching pada tahun 2024, tetapi layanan ini sudah berjalan sejak tahun 2023 lalu,” kata Camat Gedangan, Ineke Dwi Setyawati, pada saat launching Pos Kampling, di kantor Kecamatan Gedangan, yang dihadiri oleh 15 Kepala Desa di Kecamatan Gedangan itu.

Pelayanan Pos Kampling merasa dilakukan, karena menyadari banyak warga desa di Kecamatan Gedangan, masih ada yang tidak sempat datang langsung ke Kantor Kecamatan Gedangan, karena kesibukan kerja. Maka petugas yang datang melakukan pelayanan jemput bola ke lokasi tempat tinggal warga.

Awalnya dilakukan di Kantor Balai desa masing-masing, namun pada tahun 2024 ini, akan lebih mendekat lagi, pelayanan akan dilakukan di Balai RW di desa setempat.

Pelayanan ini dilakukan petugas pada jam kerja, yakni pukul 09.00 sampai 12.00 WIB. Ada sekitar 5 personil petugas yang akan siap melayani. Jenis layanan bersifat non perzinan, yaitu administrasi kependudukan. Seperti pembuatan e-KTP dan kartu keluarga (KK).

“Pelayanan ini gratis. Dan bisa selesai dalam 1 hari, apabila persyaratan lengkap, tidak terkendala jaringan IT nya, dan pejabat berwenang berada di tempat,” jelas Ineke.

Berita Terkait :  Dihantam Banjir Rob, TPI Landangan Situbondo Alami Rusak Parah

Kegiatan Poskampling ini, menurut Ineke, bahkan pernah dilakukan di sebuah warung kopi yang ada di sebuah desa di Kecamatan Gedangan. Karena menurutnya, kegiatan ini fleksibel, untuk mendekatkan layanan kepada warga. Meskipun demkian, disana banyak warga yang datang minta pelayanan.

“Sudah ratusan warga desa, yang sudah kita layani dalam program Poskampling ini,” kata Ineke. (kus.ca)

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru