28 C
Sidoarjo
Friday, July 12, 2024
spot_img

KPU Kabupaten Pasuruan Libatkan Ratusan Orang Melipat Kertas Suara

Sejumlah petugas saat pelipatan surat suara di gudang logistik KPU, di Kecamatan Pohjentrek, Kabupaten Pasuruan, Selasa (9/1). [hilmi husain/bhirawa]
Kabupaten Pasuruan, Bhirawa.
KPU Kabupaten Pasuruan mulai melipat surat suara Pemilu 2024. Ratusan petugas dikerahkan untuk menuntaskan pelipatan surat suara dalam sepekan ke depan.

Pelipatan surat suara dilaksanakan di gudang logistik KPU di Kecamatan Pohjentrek, Kabupaten Pasuruan, Selasa (9/1/2024). Ketua KPU Kabupaten Pasuruan, Zainul Faizin menyampaikan total petugas yang dilibatkan berjumlah sekitar 500 orang.

Mereka dibagi dalam dua sifh untuk mempercepat proses pelipatan. Disisi lain, mereka juga dibagi enam kelompok yang masing-masing diawasi oleh seorang koordinator.

“Masing-masing petugas, ditargetkan bisa menyelesaikan lebih dari 350 surat suara setiap harinya. Mengingat jumlah surat suara cukup banyak. Setiap kordinator harus bertanggungjawab jika ada kendala,” ujar Zainul Faizin.

Menurut Faizin, pihaknya juga mengantisipasi terjadinya kerusakan surat suara akibat kesalahan manusia atau human eror saat proses pelipatan logistik.

“Rata-rata petugas pelipatan yang terlibat ini sudah berpengalaman. Petugas ini sudah terbiasa melakukan pelipatan surat suara dalam setiap agenda pemilihan. Sebelumnya, mereka tetap ada briefing serta simulasi pelipatan suara,” tandas Zainul Faizin.

Pelipatan surat surat suara dilakukan terhadap lima jenis yang akan digunakan dalam pemilu 2024. Yaitu, surat suara presiden, DPR RI, DPRD Jatim, DPD dan DPRD Kabupaten.

Jumlahnya sesuai dengan pemilih tetap di Kabupaten Pasuruan. Yakni 1.210.602. Serta ditambah dengan 2 persen dari jumlah pemilih di masing-masing TPS.

Faizin berharap, pelipatan surat suara bisa minim kesalahan. Kalau terjadi kerusakan, KPU bisa mengajukan penggantian logistik. “Antisipasi kerusakan tetap ada. Target pelipatan, bisa tuntas dalam sepekan ke depan. Atau maksimal 10 hari,” jelas Zainul Faizin. [hil.dre]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru