28 C
Sidoarjo
Tuesday, July 23, 2024
spot_img

KPU Jatim Minta Masyarakat Menyambut Baik Petugas Pantarlih

KPU Kabupaten Pasuruan Luncurkan Maskot Sakera untuk Sukseskan Pilkada 2024
Kab Pasuruan, Bhirawa.
KPU Kabupaten Pasuruan meluncurkan maskot dan jinggel ‘Sakera’ pada tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pibup) Pasuruan di Taman Candra Wilwatikta, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Sabtu (29/6) malam.

Nama Sakera yang diambil dari pejuang asal Kabupaten Pasuruan yang terkenal melawan penjajah. Adanya peluncuran tersebut diharapkan, agar Pilbup Pasuruan yang digelar 27 November 2024 nanti berjalan aman, lancar dan sukses.

Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Jatim, Insan Qoriawan menyampaikan menyampaikan kegiatan ini merupakan sosialisasi tahapan Pilkada Kabupaten Pasuruan kepada masyarakat hingga tahap pencoblosan nanti.

Sehingga, Pilbub Pasuruan yang digelar 27 November 2024 bisa berjalan dengan sukses dan lancar. Saat ini, adalah tahapan Pantarlih. Selama sebulan penuh, mulai 24 Juni hingga 24 Juli 2024 akan dilaksanakan Pencocokan dan Penelitian (Coklit). Yakni, akan ada petugas yang melakukan kegiatan Coklit kepada masyarakat.

Ia berpesan, kepada masyarakat Kabupaten Pasuruan supaya menyambut baik petugas Pantarlih. Karena, Pantarlih menjadi ujung tombak pendataan pemilih yang datang dari rumah ke rumah untuk mendapatkan daftar pemilih yang akurat, mutakhir dan valid.

“Sambutlah petugas Pantarlih dengan baik. Tujuannya agar mereka bisa mendata pemilih dengan akurat dan valid. Jangan sampai orang yang sudah berhak memilih tidak di data ataupun sebaliknya. Yakni, orang yang belum berhak memilih masuk dalam daftar pemilih. Pastikan anggota keluarga yang sudah punya hak pilih sudah terdaftar dalam daftar pemilih,” ujar Insan Qoriawan.

Berita Terkait :  Cegah Abrasi, Polisi Bersama Pemdes Duwet Tanam 3000 Bibit Pohon Mangrove

Menurut Insan, kerjasama antara penyelenggara pemilu dan masyarakat merupakan bagian dari kesuksesan. “Pastikan masyarakat terdaftar menjadi pemilih dan pastikan datang ke TPS di tanggal 27 November 2024. Ini adalah maksud tujuan utama kami dari mensosialisasikan Pilkada Kabupaten Pasuruan,” jelas Insan Qoriawan.

Ketua KPU Kabupaten Pasuruan, Ainul Yaqin menambahkan maskot yang terinspirasi dari pahlawan Sakera diharapkan supaya masyarakat Kabupaten Pasuruan dapat menjadikannya sebagai panutan dalam mensukseskan Pilkada serentak. Atau seperti halnya Sakera yang membela kebenaran pada masanya.

“Kami berharap masyarakat Kabupaten Pasuruan bisa meniru teladan Sakera. Sehingga, Pilbup Pasuruan tahun 2024 ini berjalan dengan sukses dan kondusif,” kata Ainul Yaqin.

Acara peluncuran tersebut dihadiri oleh jajaran Forkopimda Kabupaten Pasuruan, Bawaslu, petugas tingkat kecamatan dan desa serta perwakilan partai politik dan masyarakat. Acara tersebut juga dimeriahkan oleh penampilan artis ibu kota, Awdella.

Sementara itu, Kepala Bakesbangpol Kabupaten Pasuruan, Edi Sasmita mengungkapkan KPU Kabupaten Pasuruan sudah siap sepenuhnya untuk menyelenggarakan Pilbup 2024. “Adanya peluncuran maskot Sakera ini, merupakan bukti nyata bahwa KPU Kabupaten Pasuruan sudah siap dalam menggelar Pilbup 2024,” kata Edi Sasmita. [hil.wwn]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru