25 C
Sidoarjo
Friday, July 19, 2024
spot_img

Kota Lama Bisa Tarik Wisatawan Eropa Datang ke Surabaya


DPRD Surabaya, Bhirawa
Komisi C DPRD Kota Surabaya mengapresiasi positif dengan di launchingnya Kota Lama Surabaya menjadi destinasi wisata akan menarik wisatawan eropa berkunjung ke Surabaya.

“Otomatis, karena zaman dulu banyak banyak tentara Eropa seperti Belanda tinggal di Surabaya, dan tentu akan diceritakan ke cucu-cucunya,” ujar Ketua Komisi C DPRD Kota Surabaya, Baktiono kepada wartawan di Surabaya, Jumat (21/06/2024).

Ia menjelaskan, dahulu petinggi-petinggi Belanda tinggalnya di sekitar lingkungan Balaikota Surabaya seperti Jalan Jimerto, dan cucu, cicit-cicitnya akan bercerita ini dulu rumah kakekku, rumah buyutku.

“Jadi bisa menarik wisatawan eropa, dan bisa saja saat berkunjung ke Kota Lama Surabaya mereka juga jiarah ke makam-makam kakek buyutnya seperti, makam Belanda di Kembang Kuning dan Peneleh,” terang politisi senior PDIP Kota Surabaya ini.

Baktiono menerangkan, sebelum dihidupkannya kembali Kota Lama, Pemkot Surabaya sudah berhasil menghidupkan kembali Jalan Tunjungan jadi uji cobanya Jalan Tunjungan, dan sukses sekarang ini Tunjungan Street ramai.

“Bisa saja pengunjung Tunjungan ditarik ke Kota Lama, karena masyarakat yang belum pernah ke eropa ketika berkunjung ke Kota Lama Surabaya diasporanya sudah mirip sekali di eropa,” jelas Baktiono.

Dirinya hanya menegaskan, sebaiknya Kota Lama juga bisa memberdayakan UMKM lokal seperti di Jalan Tunjungan, sehingga warga yang memiliki usaha juga dapat menikmati hasil dari dibukanya destinasi-destinasi wisata baru di Surabaya.

Berita Terkait :  Jatim Dilanda 77 Proyek Infrastruktur Senilai Rp163,1 Triliun, Mana Saja

“Terpenting, jangan di monopoli UMKM besar sudah punya nama brand kuat, tapi UMKM lokal warga sekitar lokasi wisata,” pungkasnya. [dre.hel]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru