25 C
Sidoarjo
Sunday, July 14, 2024
spot_img

Khofifah Ajak Bangun Ketahanan Keluarga Berkualitas Demi Wujudkan Generasi Emas 2045

Madinah, Bhirawa
Khofifah Indar Parawansa mengajak masyarakat membangun ketahanan keluarga berkualitas demi mewujudkan Generasi Emas 2045. Pesan ini selaras dengan tema Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 yang diperingati pada tanggal 29 Juni 2024 yakni ‘Keluarga Berkualitas Menuju Indonesia Emas’.

“Membangun ketahanan keluarga berkualitas bukan hanya tentang menciptakan ikatan emosional yang kuat di antara anggota keluarga, tetapi keluarga yang kuat dan harmonis memberikan landasan yang kokoh dalam pembangunan manusia yang berkelanjutan. Utamanya dalam melahirkan generasi emas dalam mendukung Indonesia Emas 2045,” kata Khofifah di Madinah, Sabtu (29/6).

Khofifah mengatakan, keluarga berkualitas memainkan peran kunci dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045, yang menargetkan Indonesia menjadi negara maju yang berdaulat, mandiri, dan berkeadilan.

“Dengan anggota keluarga yang sehat secara emosional dan mental, mereka dapat berkontribusi secara maksimal terhadap pembangunan ekonomi dan sosial Indonesia,” katanya.

“Tidak hanya itu, keluarga yang memprioritaskan pendidikan dan pengembangan keterampilan akan menghasilkan generasi muda yang terampil, cerdas, dan siap bersaing di pasar global. Ini penting untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan inovatif,” imbuhnya.

Menurutnya, membangun keluarga berkualitas memiliki banyak manfaat tidak hanya untuk anggota keluarga tersebut, tapi juga masyarakat secara keseluruhan.
Yang mana, keluarga berkualitas memberikan lingkungan yang aman dan mendukung untuk anggota keluarga, serta membentuk kesejahteraan emosional dan mental yang baik.

Berita Terkait :  Atasi Ricuh PPDB Zonasi, Pemerintah harus Tambah Sekolah hingga Tampung Semua Siswa

Selain itu, keluarga yang kuat dan berkualitas cenderung memberikan stabilitas dan keamanan bagi anggota keluarga, yang penting untuk perkembangan anak-anak dan kesejahteraan psikologisnya.

“Keluarga yang berkualitas juga memberikan fondasi yang kokoh untuk pendidikan dan pengembangan pribadi setiap anggota keluarga. Mereka mendorong pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai yang penting untuk kehidupan,” katanya.

“Anggota keluarga dalam keluarga berkualitas cenderung memiliki keterampilan yang baik dalam menyelesaikan konflik dan masalah bersama, membantu mereka menghadapi tantangan hidup dengan lebih baik. Dan hal-hal tersebut penting demi mewujudkan generasi emas 2045,” imbuhnya.

Di akhir, Khofifah juga menekankan pentingnya membangun ketahanan keluarga atau family resilience. Hal ini penting untuk memperkuat hubungan, komunikasi, dan kesatuan dalam keluarga agar dapat menghadapi tantangan dan krisis dengan lebih baik.

“Dengan membangun ketahanan keluarga yang kokoh dan berkelanjutan, Indonesia dapat menciptakan fondasi yang kuat untuk mencapai visi Indonesia Emas 2045. Hal ini tidak hanya mencakup aspek ekonomi dan politik, tetapi juga kesejahteraan dan kebahagiaan setiap individu dan keluarga di seluruh nusantara,” pungkasnya. [iib]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru