29 C
Sidoarjo
Saturday, July 20, 2024
spot_img

Harapan Besar Digantungkan Insan Jurnalis atas Terpilihnya Cahyono Pimpin PWI Malang Raya

Ketua PWI Malang Raya terpilih, Ir Cahyono memberi sambutan di Hotel Ciptaningati Kota Batu, Sabtu (6/1).
Kota Batu,Bhirawa
Harapan besar dimiliki insan jurnalis dengan terpilihnya Ir Cahyono sebagai Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya. Terpilihnya Cahyono untuk kedua kalinya ini dari hasil Konferensi PWI Malang Raya 2024 yang digelar di Hotel Ciptaningati Kota Batu, Sabtu (6/1). Konferensi dibuka langsung oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai.

Dalam konferensi yang dihadiri anggota PWI Malang Raya ini berhasil menetapkan Ir Cahyono sebagai ketua PWI Malang Raya periode 2024-2027 mendatang. Banyak program yang dimiliki dan telah dijalankan PWI Malang Raya di bawah kepemimpinan Cahyono. Di antaranya, dilaksanakannya Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang bisa diikuti para jurnalis Malang Raya tanpa dipungut biaya alias gratis.

“Kalau pada kepemimpinan Ketua PWI Malang Raya periode-periode sebelumnya, UKW di Malang Raya masih dipungut biaya. Tetapi di bawah kepemimpinan Pak Cahyono kitab isa mengikuti UKW secara gratis,” ujar Muhammad Dhani Rahman, salah satu jurnalis peserta Konferensi PWI 2024, Sabtu (6/1)

Selain itu banyak harapan yang digantungkan para jurnalis Malang Raya kepada kepemimpinan Cahyono dalam memimpin PWI Malang Raya untuk kedua kalinya. Salah satunya adalah program Pengadaaan Rumah Bagi Wartawan yang telah dirintis pada kepemimpinan Cahyono sebelumnya (2021-2024).

Dalam Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) PWI Malang Raya yang dibacakan, Cahyono mengatakan bahwa pihaknya telah merintis program pengadaan rumah bagi wartawan ini dengan bekerja sama dengan Kementrian PUPR.

“Ketika rumah bagi wartawan ini sudah dibangun, wartawan yang berminat memiliki rumah ini bisa membayar uang muka Rp 5 juta saja. Kemudian wartawan harus membayar cicilan tiap bulannya Rp 1,2 juta,” ujar Cahyono.

Suasana Konferensi PWI Malang Raya 2024 yang digelar di Hotel Ciptaningati Kota Batu, Sabtu (6/1).
Diketahui, Konferensi PWI Malang Raya 2024 ini dibuka langsung oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai. Ia berharap dengan pemilihan yang dilakukan oleh para anggota PWI Malang Raya ini bisa menjadi pilihan terbaik dan bisa membawa insan jurnalistik di Malang Raya bisa semakin berkembang, baik secara kualitas maupun kesejahteraannya.

“Pemilihan ini kita berharap apapun itu yang menjadi pilihan, pasti yang terbaik,” ujar Aries.

Ia berpesan, Ketua PWI Malang Raya periode 2024-2027 harus bisa menjadi ketua yang mampu menaungi teman-teman jurnalis di lingkup PWI Malang Raya.

Diketahui, ada tiga nama calon ketua PWI Malang Raya yang kini tengah berebut kursi ketua periode 2024-2027. Nama-nama tersebut diantaranya, Rahmat Mashudi Prayoga dengan nomor urut 1, Cahyono sebagai petahana di nomor urut 2 dan Toski Dermaleksana pada nomor urut 3.

Tak hanya itu, Malang Raya yang memiliki area cukup luas dan terbagi menjadi tiga wilayah, Aries ingin PWI Malang Raya nanti bisa menggandeng ketiga kepala daerah dan bersinergi bersama PWI Malang Raya dalam bentuk apapun.

“Kita ingin konferensi ini menghasilkan pemimpin yang betul-betul memberikan naungan buat teman-teman wartawan di lingkup PWI,” tambah Aries.

Di Malang Raya ini, katanya, ada Kota Batu, Kabupaten Malang dan Kota Malang. Dan PWI harus membuat wadah untuk mengumpulkan tiga kepala daerah agar bisa berperan dalam meningkatkan wilayah dari berbagai sektor, seperti Wisata dan UMKM.

Aries berharap, dampak positif dalam kolaborasi antara PWI Malang Raya dengan pemerintah bisa terus berlanjut. Karena kolaborasi ini sangat penting, dan tanpa ada PWI dan peran media ia memastikan pemerintahan tidak akan berjalan optimal.

“Karena informasi menjadi hal penting dan koreksi buat kami (pemerintahan). Maka kolaborasi ini penting, entah dalam bentuk kegiatan atau sinergi lainnya,” tandas Aries.(nas.hel)

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru