27 C
Sidoarjo
Saturday, July 13, 2024
spot_img

Hampir Selesai, Coklit di Kota Pasuruan Tinggal 18 Persen

Kota Pasuruan, Bhirawa.
KPU Kota Pasuruan menyebutkan progres tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih hingga saat ini sudah mencapai 82 persen atau tinggal 18 persen, sejak dimulai pada 24 Juni lalu. Komisioner KPU Kota Pasuruan, Mukhammad Zahid menyampaikan pihaknya telah menerima data pemilih hasil singkronisasi Kemendagri dengan data daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019 yakni berjumlah 153.898 pemilih.

Data tersebut harus diverifikasi kembali di tingkat daerah. Hal itu diperlukan untuk memastikan nama-nama dalam data pemilih tersebut benar-benar valid. “Progres coklit daftar pemilih untuk Pilkada Serentak 2024 di Kota Pasuruan per pekan kemarin telah mencapai 82 persen. Atau saat ini tinggal 18 persen. Dijadwalkan bulan ini selesai,” ujar Mukhammad Zahid, Selasa (9/7).

Selama proses coklit, lanjut Zahid, terdapat ratusan pemilih baru. Mereka adalah pensiunan TNI dan Polri, pemilih pemula, pemilih yang mengajukan pindah pilih, hingga pemilih yang tercatat salah penempatan TPS.

Bagi masyarakat yang sudah berkependudukan Kota Pasuruan, namun belum tercatat dalam daftar pemilih, bisa menghubungi PPS setempat. “Saat ini proses verifikasi data pemilih ini masih panjang. Usai coklit, akan disusun daftar pemilih hasil perbaikan sebelum kemudian ditetapkan DPS,” jelas Mukhammad Zahid. [hil.wwn]

Berita Terkait :  Sejarah Candi di Kabupaten Malang Lebih Dikenal Masyarakat Internasional

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru