29 C
Sidoarjo
Saturday, July 20, 2024
spot_img

Grand Final Kangmas Nimas Pilih Duta Promosikan Pariwisata Kota Batu Lebih Luas


Kota Batu, Bhirawa
Malam Grand Final Pemilihan Kangmas- Nimas Kota Batu 2024 berlangsung meriah, Sabtu (22/6) malam. Dalam grand final yang digelar di ball room Hotel Batusuki Kota Batu ini akhirnya terpilih Benadictus Giga Surya dan Nimas Maria Tumbileng sebagai Duta Pariwisata Kangmas dan Nimas Kota Batu untuk periode 2024- 2026.

Selain itu juga terpilih pemenang Kangmas Nimas untuk kategori khusus yang juga siap mempromosikan pariwisata Kota Batu ke depan.

Malam pemilihan duta pariwisata yang digelar Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu ini mengusung tema ‘Kutho Batu Sekar Nyawiji’.

Acara dihadiri langsung Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, Pj Ketua Tim Penggerak PKK Kota Batu, Dwi Mardiana Susilawati, para Kepala OPD, perwakilan Forkopimda Kota Batu, dan beberapa duta pariwisata dari daerah lain.

Kepala Disparta Kota Batu, Arief As Siddiq mengatakan ada sebanyak 10 finalis putra dan 10 finalis putri Kangmas Nimas Kota Batu 2024.

Mereka harus bersaing dengan 120 peserta laon dalam tahapan seleksi yang sangat ketat. Dan proses penjaringan dilaksanakan sejak bulan Februari lalu.

“Dalam masa penjaringan ini ada seleksi administrasi, seleksi tahap l, seleksi tahap ll, penyiapan kapasitas dengan pelatihan berbagai macam pengetahuan, masa karantina hingga puncaknya di Malam Grand Final ini,” ujar Arief dalam sambutannya.

Kemudian di grand final para finalis diberi kesempatan untuk menampilkan potensi, bakat, dan kemampuan terbaiknya. Penampilan mereka dinilai dewan juri yang berjumlah enam orang.

Berita Terkait :  Bangun Sumur Air Bersih, Suplai Kebutuhan 500 KK Desa Tanjung Pecinan

Penampilan 20 finalis Kangmas Nimas ini mendapatkan apresiasi dari Ketua Tim Penggerak PKK Kota Batu, Dwi Mardiana Susilawati. Ia mengatakan bahwa mereka adalah putra putri terbaik yang akan menjadi Duta Pariwisata Kota Batu.

“Dan untuk mempromosikan pariwisata Kota Batu, Kangmas dan Nimas harus mengetahui keanekaragaman pariwisata yang ada di Kota Batu. Hal ini agar kangmas nimas terpilih mampu menjalankan tugas sebagai duta pariwisata dengan baik,” ujar Dwi Mardiana.

Ia mengingatkan bahwa event Kangmas Nimas bukan hanya sekedar kompetisi. Tetapi juga harus diikuti dengan tali silaturahmi antar peserta. Apalagi kangmas nimas terpilih merupakan sosok yang punya pengaruh sehingga akan dapat mempromosikan pariwisata Kota Batu lebih luas lagi.

“Dengan adanya duta pariwisata, maka promosi pariwisata Kota Batu akan lebih mudah disampaikan kepada wisatawan domestik bahkan mancanegara. Ayo bangun citra positif Kota Batu,” ajak Dwi Mardiana.

Di era modern ini, lanjutnya, informasi dapat tersebar luas melalui berbagai platform media sosial. Sebagai duta wisata, kangmas nimas harus mampu membangun dan mempromosikan pariwisata Kota Batu dengan mudah dan bijak.

Sebagai duta juga harus punya karakter dan penguasaan ilmu pengetahuan yang baik. Jangan sampai setelah terpilih menjadi Kangmas Nimas Kota Batu kemudian berhenti belajar.

Dan yanag tak kalah penting, seorang kangmas dan nimas juga harus memiliki etika public speaking yang baik. Sebab sebagai duta pariwisata, mereka akan berkomunikasi dengan masyarakat luas.

Berita Terkait :  CIPHOC Unitomo Surabaya Gelar Pameran "ZONA CERITA"

“Sehebat apapun jika tidak dibekali kemampuan public speaking yang baik, maka akan sulit dijual kepada khalayak. Karena itu kemampuan public speaking harus terus diasah,” pesan Dwi Mardiana.

Diketahui, selain kangmas nimas terpilih, ajang grand final ini juga menentukan pemenang kangmas nimas kategori tertentu. Kangmas Nimas Kategori Berbakat diraih Ajid Nasrun Hidayat dan Fellicia Manuella. Kemudian untuk Kategori Persahabatan diraih Azriel Foroz dan Adinda Sofia.

Adapun untuk Wakil l Kangmas Nimas diraih Rizal Ndaru Putra dan Jovinka Ahelia Fatiha. untuk Wakil ll Kangmas Nimas diraih oleh Kangmas Yovito Dhea Hendra Putra dan Nimas Adelia Putrie Lorende.

Mereka semua akan membantu Kangmas Nimas Kota Batu Tahun 2024, Benadictus Giga Surya dan Maria Tumbileng untuk mempromosokan pariwisata Kota Batu. [nas.dre]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru