25 C
Sidoarjo
Thursday, July 25, 2024
spot_img

Evaluasi Kinerja Pj Wali Kota Batu, Tim Evaluator Irjen Kemendagri Puas Kinerja Aries Agung Paewai, Berharap Lanjut Pimpin Kota Batu Lagi

Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai saat mengikuti Evaluasi Kinerja Penjabat Wali Kota Batu Triwulan IV Tahun 2023, yang berlangsung di Ruang Pertemuan Irjen Kemendagri RI di Jakarta.

Jakarta, Bhirawa
Ketua Tim Evaluator Inspektorat Jendral Kementerian Dalam Negeri (Irjen Kemendagri), Dr Elfin Elyas Nainggolan merasa puas dengan capaian kinerja Penjabat (Pj) Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai selama hampir satu tahun memimpin Pemkot Batu.

“Saya berharap Pak Aries dapat terus berlanjut (memimpin Kota Batu, red), dengan progres hasil capaian kinerja yang dinilai sangat memuaskan,” kata Elfin Elyas, saat melaksanakan Evaluasi Kinerja Penjabat Wali Kota Batu Triwulan IV Tahun 2023, yang berlangsung di Ruang Pertemuan Irjen Kemendagri RI di Jakarta (5/1).

“Secara keseluruhan, kami puas dengan progres capaian yang dilakukan Pj Wali Kota Batu, dan berharap akan berlanjut,” ungkap Elfin Elyas lagi, sebelum menutup kegiatan seraya menambahkan meski ada beberapa catatan yang harus menjadi perhatian untuk perbaikan ke depan.

Pada saat evaluasi yang berlangsung sejak Pukul 11.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB, Aries menjelaskan mulai dari progres kinerja penanganan inflasi, penurunan stunting, pelayanan publik, BUMD, penurunan pengangguran, kemiskinan, kesehatan,serapan anggaran, realisasi kinerja APBD 2023 dan realisasi investasi.

Termasuk rencana kegiatan yang akan dilakukan pada 2024, sebagai bentuk kinerja yang berkelanjutan.

“Saya tidak tahu siapa nanti yang akan melanjutkan, tetapi kami telah mempersiapkan program kegiatan yang berkelanjutan dari tahun 2023, sehingga diharapkan progres kinerja akan lebih baik lagi di tahun 2024,” ungkap Aries.

Pada paparannya, Aries menyampaikan capaian penanganan inflasi di Kota Batu yang sangat baik bersama Tim Pengandali Inflasi Daerah (TPID), melalui monitoring dan stabilisasi harga, operasi pasar dan percepatan penyaluran bantuan sosial.

Juga capaian stunting yang mengalami penurunan hingga 12,03 persen dibandingnya 2022 sebesar 14,65 persen. Ke depan penanganan stunting akan lebih terintegrasi dengan digitalisasi data dan penanganan yang lebih intensif.

Sementara itu, dalam penanganan pengangguran dan kemiskinan, Kota Batu menjadi kota dengan penurunan pengangguran tertinggi dan angka kemiskinan terendah di Jawa Timur.

Ke depan, untuk mengatasi pengangguran dan kemiskinan akan dilakukan pekerjaan padat karya, jobfair, membuat kawasan UMKM, pemutakhiran DTKS dan menghasilkan regulasi kemiskinan terpadu.

“Diharapkan dengan program tersebut di tahun 2024, maka angka pengangguran dan kemiskinan Kota Batu akan semakin menurun,” ungkapnya.

Termasuk di sektor investasi, Aries menjelaskan ada peningkatan jumlah investasi di Kota Batu di tahun 2023, yaitu sebesar Rp1,154 triliun dibandingkan 2022 sebesar Rp 1,044 triliun.

Ke depan untuk investasi, akan dilakukan digitalisasi pelayanan di Mal Pelayanan Publik, peningkatan P3DN, sarana promosi investasi UMKM, dan penataan dan pengembangan khusus ekonomi kreatif di Kecamatan Junrejo.

Evaluasi Kinerja Pj Wali Kota Triwulan IV juga dihadiri oleh Tim Evaluator Dr Ucok Abdulrauf Damenta, Bachtiar Sinaga, Maharina dan Teguh narutomo.

Sementara Tim dari Pemkot Batu dipimpin oleh Susetya Herawan, Asisten Pemerintahan dan Kesra, serta anggota meliputi Asisten Adminisrasi Umum, Eko Suhartono, Kepala Bapelitbangda, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah, Inspektur, Kepala Bakesbangpol, Kepala BPDB, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas PUPR, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Kepala Diskominfo, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Satu Pintu, Kepala Dinas Sosial, Kepala Bagian Pemerintahan, Kepala Bagian Organisasi, Kepala Bagian Prokopim, Kepala Bagian Pengandaan dan Kepala Bagian Perekonomian dan SDA. [iib.ira]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru