25 C
Sidoarjo
Tuesday, July 16, 2024
spot_img

Dorong Perputaran Ekonomi di Bondowoso, Festival Muharram Digelar di Kec Tegalampel

Bondowoso, Bhirawa
Peringati Tahun Baru Islam, Pemkab Bondowoso melalui Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskoperindag) setempat menyelenggarakan Festival Muharram (Fesmuh) 2024, di Lapangan Sekarputih, Kecamatan Tegalampel.

Acara dalam rangka peringatan malam tahun baru Islam (Muharram) tersebut, dilaksanakan mulai Sabtu (6/7/2024) malam hingga 10 hari kedepan.

Menariknya, acara yang biasanya diselenggarakan di Alun-alun Ki Bagus Asra kabupaten itu. Kini, diselenggarakan di Lapangan Sekarputih, Kecamatan Tegalampel.

Meski dilaksanakan tak di jantung kota, perayaan Fesmuh tahun ini tak kalah meriah. Masyarakat bisa dengan gratis melihat pameran berbagai produk-produk UMKM dan IKM makanan, minuman, dan kerajinan tangan. Hingga, berbagai program-program layanan pemerintah, perbankan, hingga BUMN atau pun BUMD.

Tak hanya itu, berbagai potensi kekayaan alam Bondowoso yang telah disulap menjadi berbagai produk-produk berdaya jual pun turut ditampilkan.

Disamping itu juga ditampilkan, kreasi tarian dan musik patrol di panggung kreasi pun turut disajikan tepat saat pembukaan yang dilakukan secara simbolis oleh Pj Bupati Bondowoso, Bambang Soekwanto.

Pj Bupati Bondowoso, Bambang Soekwanto, mengatakan, pihaknya sengaja meletakkan acara Fesmuh ini di tempat berbeda seperti biasanya. Dengan harapan untuk menciptakan perputaran ekonomi baru di Kecamatan Tegalampel.

“InsyAllah Agustus, saya juga akan menyelenggarakan ada Festival Ki Ronggo juga akan diletakkan di Tegalampel,” ungkapnya.

Ia menerangkan, melalui festival ini pihaknya ingin memberikan wadah untuk menggelar potensi dan meraih prestasi bagi masyarakat dan pelaku ekonomi. “Terima kasih antusiasme masyarakat,” jelasnya.

Berita Terkait :  Terjunkan Pasukan Elite, UIT JBM Siap Sukseskan Gelaran Piala AFF U-19

Sementara itu, Kepala Diskoperindag Bondowoso, Munandar, menjelaskan, tujuan pelaksanaan Fesmuh ini tak hanya menyemarakkan malam tahun hijriah saja. Melainkan, sekaligus bentuk tekat dan semangat yang kuat untuk memajukan para pelaku usaha di Bondowoso.

“Ini juga sekaligus mengapresiasi seluruh karya dan potensi kekayaan yang dimiliki Bondowoso,” ujar Munandar

Karena itulah, kata Munandar, ada puluhan stand yang bisa didatangi oleh masyarakat. Dimana 43 stand di antaranya, khusus untuk pelaku usaha.

Pantauan di lapangan, secara simbolis acara Fesmuh 2024 ini dibuka dengan penabuhan bedug oleh Pj Bupati Bambang Seokwanto bersama jajaran Forkopimda setempat. Turut pula diiringi dengan pembacaan sholawat. [san.ca]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru