25 C
Sidoarjo
Sunday, July 14, 2024
spot_img

Dihantam Banjir Rob, TPI Landangan Situbondo Alami Rusak Parah

Situbondo, Bhirawa
Situbondo dilanda gelombang pasang atau banjir rob Jumat (5/7). Salah satunya menghantam sebuah TPI (Tempat Pelelangan Ikan) yang berada di Dusun Pesisir, RT 01/RW 06, Desa Landangan, Kecamatan Kapongan, Kabupaten Situbondo. Banjir rob ini terjadi selama dua hari, Kamis dan Jumat, 4-5 Juli 2024.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Situbondo, Sruwi Hartanto, melalui Koordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops), Puriyono mengatakan, akibat kejadian itu Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Landangan mengalami kerusakan parah di bagian lantai dan pondasi bangunan.

“Di TPI itu yang rusak bagian lantainya jebol dan pondasi TPI tergerus besarnya ombak. Sehingga mengakibatkan kerugian materil hingga Rp 50 juta,” ujar pria yang akrab di sapa Ipung itu.

Selain merusak TPI, kata Ipung, banjir rob juga merusak dapur rumah milik Sawi (71), warga setempat.

“Rumah Sawi kebetulan lokasinya berada di bibir pantai. Akibatnya korban mengalami kerugian sekitar Rp 5 juta,” beber Ipung.

Lebih lanjut Ipung memaparkan, dari kejadian tersebut tidak sampai menelan korban jiwa maupun luka. “Untuk korban jiwa maupun luka dari pendataan kami di lapangan nihil,” tegas Ipung.

Ipung menghimbau kepada masyarakat Situbondo yang tinggal di wilayah pesisir untuk selalu waspada. “Kami dari BPBD Situbondo menghimbau kepada warga yang tinggal di pesisir pantai untuk meningkatkan kewaspadaan, disaat kondisi seperti ini. Sebab, banjir rob masih berpotensi terjadi lagi,” pungkas Puriyono. [awi.dre]

Berita Terkait :  Bupati Gresik Kerja Sama dengan Pengadilan Agama Terkait Perempuan dan Anak

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru