28 C
Sidoarjo
Saturday, July 20, 2024
spot_img

Desa Ketajen Gedangan Raih Skor Tertinggi di Monev Mendingan Gedangan

Sidoarjo,Bhirawa.
Desa Ketajen Kecamatan Gedangan menjadi desa dengan hasil skor tertinggi, 65, dalam kegiatan Monev yang diberi nama “Mendingan Gedangan” , yang dilakukan oleh pihak Kecamatan Gedangan dengan Timnya, sejak 19 – 25 Juni 2024.

Penyerahan hasil Monev dan penghargaan kepada lima desa teratas terbaik dari hasil Monev tersebut, Kamis pagi (4/7) kemarin, diserahkan langsung oleh Camat Gedangan, Ineke Dwi Setyawati, di aula Kantor Kecamatan Gedangan.

Setelah Desa Ketajen, hasil skoring terbaik kedua diduduki oleh Desa Keboan Anom, dengan skot 63, Desa Wedi debgan skore 63, Desa Karangbong dengan skore 62, dan Desa Kragan dengan skore 61. Dalam kegiatan ekspose hasil ” Mendingan Gedangan ” kepanjangan dari penguatan manajemen dan monitoring desa dengan metode skoring di Kecamatan Gedangan” tersebut diikuti oleh 15 desa yang ada di Kecamatan Gedangan.

Camat Gedangan, Ineke Dwi Setyawati, kepada para Kepala Desanya mengatakan kegiatan Monev tersebut harapannya Pemerintahan Desa di Kecamatan Gedangan bisa menjadi profesional, berintegritas dan akuntable. “Kita ingin desa di Kecamatan Gedangan menjadi lebih baik, kita tidak punya tedensi macam-macam,” ujarnya.

Periode yang jadi fokus Monev adalah kegiatan pada semester II di tahun 2023 lalu dan semester I pada tahun 2024 ini. Sedangkan aspek yang dinilai, meliputi administrasi pemerintahan desa, administrasi BPD dan administrasi kegiatan TP PKK desa.

Berita Terkait :  SSDM Polri Raih Penghargaan Pelayanan Prima Versi PEKPPP Nasional

Ineke ingin pada tahun depan, instrumen penilaian bisa diganti dengan yang lain, supaya lebih variatif. Misalnya administrasi Pemerintahan desa tetap jadi instrumen utama, instrumen baru Monev misalnya tentang kegiatan Karang taruna atau Posyandu.

Tim dari Inspektorat Kabupaten Sidoarjo, Devi, yang hadir dalam kesempatan itu mengaku hasil dari Monev Mendingan Gedangan tersebut meringankan pihaknya dalam melakukan monitoring terhadap penyelenggaraan administrasi Pemerintahan desa di Kecamatan Gedangan. Sehingga pihaknya merekomendasikan bisa dilakukan di kecamatan lain.

“Inovasi Monev “Mendingan Gedangan” ini sangat membantu kinerja Inspektorat. bisa dilakukan di kecamatan lain,” kata Devi.

Dari hasil Monev mereka di 18 wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Sidoarjo, administrasi 15 desa yang ada di wilayah Kecamatan Gedangan itu termasuk baik, karena tidak ada desa yang masuk dalam kategori merah.

“Kami juga mendukung, Monev ini bisa mengingatkan kekurangan yang ada di Pemerintahan desa, agar selanjutnya bisa menjadi lebih baik,” komentar Kades Kragan, Junaidi, dalam kesempatan itu. [kus.wwn]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru