23 C
Sidoarjo
Wednesday, July 24, 2024
spot_img

Bupati Gresik Ajak Generasi Muda Promosikan Batik Khas Gresik ke Manca Negara

Gresik, Bhirawa
Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) mengajak generasi muda Gresik melestarikan bathik khas Gresik. Hal itu disampaikan Gus Yani pada malam puncak acara Dekranasda Feat 2024 di Bandar Grisse pada Sabtu (29/6) malam.

Agenda yang diselenggarakan oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Gresik tersebut juga bekerja sama dengan Diskoperindag dan PT Smelting.

Acara itu dihadiri juga Ketua Dekranasda Gresik Hj. Nurul Haromaini, Presiden Direktur PT. Smelting Gresik Mr. Hideya Sato, Manager General Affairs PT. Smelting Indra SW Junor, License of Permit Supervisor JIIPE Tovany Yurisar Akbar, Kepala Diskoperindag, beserta tamu VIP lain diantaranya Kepala OPD juga pimpinan perusahaan BUMN, BUMD dan swasta.

Sejumlah batik khas Kabupaten Gresik ikut memeriahkan Fashion Show, seperti Batik Naga Giri, Batik Rusa Bawean, Batik Bandeng hingga Batik Pudak dipamerkan oleh sejumlah peragawan dan peragawati dari kalangan remaja dan anak-anak.

Pemberian piala dan hadiah juga diberikan kepada tiga besar pasangan Duta Batik Kabupaten Gresik oleh Gus Yani kepada Faisal Herlambang dari Kecamatan Cerme dan Nurul Mafazah dari Kecamatan Manyar.

Lebih lanjut Gus Yani mengatakan, selama satu tahun pihaknya telah menyelesaikan pendampingan kepada para pengrajin batik, terutama dalam hal desain, motif dan potensi keunggulan yang menjadi identitas Kabupaten Gresik. Bahkan corak dan model batik itu sudah ditemukan.:Alhamdulillah sudah kita temukan beberapa motif. Diantaranya ada motif Naga Giri, Rusa Bawean, Batik Ikan Bandeng, bahkan ada Batik Pudak. Seperti yang dipakai para finalis serta tamu undangan yang saat ini hadir.” kata Gus Yani.

Berita Terkait :  Wabup Situbondo Ajak Guru Tingkatkan Kualitas Mutu Pendidikan

Gus Yani berharap pendampingan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Gresik saat ini melalui Dekranasda bisa memberikan dampak bagi pengerajin batik, supaya motif batik khas Gresik bisa menjadi skala nasional.

Mantan Ketua DPRD Kabupaten Gresik itu juga menyampaikan, jika pihaknya menargetkan Batik Khas Gresik tidak hanya dikenal oleh warga lokal, namun juga dikenal di seluruh nusantara, bahkan mendunia.

Di tempat yang sama, Ketua Dekranasda Kabupaten Gresik Hj. Nurul Haromaini mengatakan, batik merupakan warisan budaya hingga menjadi identitas sebuah bangsa yang harus terus dilestarikan. Istri Bupati Gresik ini memaparkan, batik merupakan warisan leluhur yang tidak hanya dijaga tapi harus dipakai, dipromosikan dan didorong agar batik bisa dikemas tidak hanya identik dengan acara formal, bahkan mindset batik yang sering disebut pakaian orang tua bisa diubah. “Dengan kerja sama ini kita mengajak generasi muda agar terus mempromosikan batik. Semoga dengan terpilihnya Duta Batik Kabupaten Gresik 2024 ini, para generasi bangsa bangga memakai batik,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Dekranasda fest 2024 juga menampilkan Fashion Show Cak Yuk Cilik, Pengumuman Lomba Fotoghrafi, Lomba Fashion Street, serta Lomba Best Stand Bazar.[eri.ca]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru