30 C
Sidoarjo
Wednesday, July 24, 2024
spot_img

BPBD Jatim Pastikan Progres Positif Perbaikan Dampak Banjir Bandang Pasuruan


Kab Pasuruan, Bhirawa
Kalaksa BPBD Jatim, Gatot Soebroto bersama Kadis PU Bina Marga Jatim, Edy Tambeng Widjaja meninjau progres perbaikan wilayah terdampak banjir bandang Desa Lumbang, Kabupaten Pasuruan, Selasa (9/7).

Terbaru, kondisi kawasan yang dulu dipenuhi lumpur dan bebatuan besar itu kini telah bersih dan diperbaiki.

Bahkan masyarakat sekitar sudah bisa memanfaatkan akses dari Desa Lumbang menuju Desa Pancur. Yakni melalui jembatan baru yang telah dibangun dengan panjang 36 meter dan lebar 3,6 meter.

Kalaksa BPBD Jatim, Gatot Soebroto mengatakan, pasca banjir bandang yang membawa lumpur dan bebatuan besar pada 27 Januari silam, Pj Gubernur Jatim, Adhy Karyono langsung meminta instansi terkait untuk melakukan perbaikan.

Namun, sambung Gatot, karena infrastruktur terdampak bencana berupa, jembatan dan tebing pinggiran sungai, maka yang terlibat dalam perbaikan adalah Dinas PU Bina Marga dan Dinas PU SDA.

“Untuk pembangunan jembatan dan bronjong di sekitar jembatan menjadi kewenangan Dinas PU Bina Marga. Sedang pembangunan bronjong sungai di sisi atas dan bawah jembatan kewenangannya PU SDA,” kata Gatot Soebroto.

Saat ini, masih kata Gatot, kondisi pembangunan secara keseluruhan telah rampung tinggal proses finishing di beberapa titik. Termasuk pembangunan talud sungai dengan ketinggian 5 meter dan pondasi 2 meter.

“Kami berharap, kegiatan perbaikan ini bisa segera rampung dan diresmikan Bapak Pj Gubernur, agar masyarakat bisa kembali memanfaatkan akses ini,” harapnya.

Berita Terkait :  Tindaklanjuti Temuan BPK Rp 7,5 Miliar, Dua Perusahaan Lunasi Jaminan Pasca Tambang

Diketahui, turut meninjau perbaikan wilayah terdampak banjir bandang Desa Lumbang, Kabupaten Pasuruan ini. Yaitu, Kabid Pembangunan PU Bina Marga, Agus Sutanto; Kabid Pemeliharaan Jalan, Hadi Pramoedjo dan Tim BPBD Jatim. [bed.hil.gat]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru