24 C
Sidoarjo
Thursday, July 18, 2024
spot_img

Baru Pertama Kali CFD di Alun-alun Tamanan, Ratusan Pelaku UMKM Terlibat

Bondowoso, Bhirawa.
Tak perlu memakan waktu lama bagi Pj Bupati Bondowoso, Bambang Soekwanto memenuhi janjinya untuk melaksanakan Car Free Day (CFD) di Alun-alun Basuki, Kecamatan Tamanan.

Sebagaimana permintaan masyarakat saat bincang-bincang dengan Pj Bupati Bambang Soekwanto pada 15 Juni 2024 lalu. Dan minggu terakhir di bulan ke enam atau 30 Juni 2024 ini, CFD yang melibatkan ratusan pelaku UMKM pun dilaksanakan.

Tampak, pelaksanaan CFD di alun-alun telah dibuka sejak pukul 05.30. Masyarakat Tamanan tumpah ruah di jantung kota. Ada yang berolahraga, ada yang berbelanja aneka jajanan atau pun fashion.

Banyak juga yang tampak berfoto selfie, dan berjalan kaki santai bersama keluarga. Sebagaimana kegiatannya, maka kendaraan roda dua atau pun roda empat tak ada yang melintas di jantung kota hingga pukul 09.00 WIB.

Camat Tamanan, Adi Sunaryadi, mengatakan, CFD yang kali pertama dilaksanakan ini mendapat antusiasme yang luar biasa sari masyarakat dan para pelaku UMKM.

Tercatat, ada 150 pedagang atau pelapak asal Kecamatan Tamanan semua. Mereka merupakan pedagang kuliner, aksesoris, dan fashion. “Yang paling banyak kuliner,” ujarnya.

Ia menerangkan, banyak pedagang dan masyarakat yang meminta untuk CFD dilaksanakan setiap pekan. Karena itulah, dirinya menyepakati CFD akan dilaksanakan tiap pekan.

Mantan Kabag Humas dan Prokopim Pemkab Bondowoso itu berharap agar hadirnya CFD ini menjadi salah satu daya dorong ekonomi. Sekaligus, pendukung kuat dalam menjadikan Kecamatan Tamanan sebagai second city atau kota ke dua.

Berita Terkait :  Polres Madiun Raih Penghargaan Pelayanan Prima di Musrenbang Polri 2024

“Sehingga benar-benar menjadi kecamatan yang berdaya dan bermartabat,” jelasnya.

Pj Bupati Bondowoso, Bambang Soekwanto, mengatakan, pelaksanaan CFD bukan hanya bertujuan untuk tempat olahraga dan berkreasi. Namun, tujuan lainnya yakni agar ada perputaran ekonomi. “Agar Tamanan sebagai second city nya Bondowoso,” jelasnya.

Kendati CFD dilaksanakan, Bambang meminta agar masyarakat menjaga kebersihan lingkungan pasca CFD.

Karena, menjaga kebersihan ini tak hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah Kecamatan dan Desa. Namun, seluruh masyarakat pun punya tanggung jawab yang sama. “Kebersihan ini tolong dijaga,” terangnya.

Pada kesempatan itu, Pj Bupati Bondowoso, Bambang Soekwanto turut menyerahkan piala bagi para pemenang lomba MTQ zona 4 yang dilaksanakan di Kecamatan Tamanan. [san.dre]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru