28 C
Sidoarjo
Friday, July 12, 2024
spot_img

Babinsa 0814/11 Sumobito Jombang Jalin Silaturahmi dengan Peternak Ikan Lele

Serda Choiri saat anjangsana ke peternak ikan Lele di Desa Trawasan, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang, Jumat (05/01). (arif yulianto/bhirawa).
Jombang, Bhirawa.
Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 0814/11 Sumobito, Jombang, Serda Choiri melaksanakan anjangsana ke peternak ikan Lele di Desa Trawasan, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang, Jumat (05/01). Pemilik kolam Lele yang dikunjungi Serda Choiri yakni, Supardi, warga setempat.

Serda Choiri menjelaskan, kegiatan anjangsana tersebut dilaksanakan dalam rangka untuk menjalin hubungan silahturahmi antara TNI (Babinsa) dengan warga (peternak ikan Lele).

Melalui komunikasi sosial (komsos) itu, Serda Choiri juga mengecek langsung terkait perkembangan ikan Lele milik Supardi. Dia juga tidak lupa memberikan motivasi kepada Supardi.

“Dalam beternak ikan Lele untuk mencapai hasil yang maksimal, salah satunya dengan menjaga kondisi air kolam yang baik,” kata Serda Choiri.

“Air kolam yang kondisinya bagus untuk ternak ikan Lele ialah berwarna hijau muda, hijau tua, cokelat muda maupun cokelat kemerahan. Warna hijau pada air kolam menunjukkan banyak terdapat plankton baik yang dapat menangkap banyak oksigen, selain itu juga dapat menjadi pakan alami bagi ikan Lele ternak,” beber Serda Choiri.

Disampaikan oleh Serda Choiri, langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menjaga kondisi air kolam agar tetap baik yakni dengan rajin menguras air kolam ketika kotoran sisa pakan lele sudah cukup pekat dan mengendap di dasar kolam.

“Upayakan dalam menguras air kolam ikan Lele dilakukan ketika pagi atau sore hari dan setengah hari hingga sehari sebelum baiknya Lele tidak diberi makan dahulu agar tidak stres,” terang dia.

Menurutnya, dalam menguras air kolam, dialirkan keluar hingga dua pertiga dari seluruhnya.

“Kemudian di isi full (penuh) kembali dengan air putih jernih dan ditambahkan dengan pupuk Urea ataupun kapur dolomit secukupnya untuk menimbulkan plankton hijau yang baik bagi ikan Lele ternak,” jelasnya.

“Selain menjaga kualitas air kolam, pemberian pakan Lele dengan takaran gizi yang cukup dan menyesuaikan kapasitas kolam dengan kapasitas Lele akan cukup mempengaruhi laju tumbuh kembang ikan Lele ternak, sehingga hasilnya dapat maksimal saat panen,” pungkasnya.(rif.hel).

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru