21 C
Sidoarjo
Sunday, July 14, 2024
spot_img

Anggota OSIS SMPN 48 Surabaya Ikuti Workshop Creative Writing

Mahasiswa Untag Surabaya saat melaksanakan program MBKM Kampus Mengajar di SMPN 48 Surabaya.

Surabaya, Bhirawa.
Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan program yang dirancang oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek). Program ini bertujuan untuk mendorong mahasiswa agar dapat menguasai berbagai bidang ilmu guna menjadi bekal atau pengalaman pada saat memasuki dunia kerja. Adanya program MBKM dapat memberikan pengalaman yang berbeda bagi mahasiswa dalam kegiatan belajar mengajar.

Di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya sendiri telah menjalankan program MBKM. Salah satunya adalah MBKM yang melibatkan program studi Ilmu Komunikasi yang bekerja sama dengan beberapa SMP Negeri di Surabaya, salah satunya adalah SMPN 48 Surabaya. Program ini bertujuan untuk memberikan pengalaman mengajar kepada mahasiswa sekaligus membantu meningkatkan kualitas pendidikan di seluruh Indonesia.

10 Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya sedang melaksanakan program MBKM Kampus Mengajar di SMPN 48 Surabaya. dibawah bimbingan Kun Muhammad Adi S.I.Kom, M.I.Kom selaku dosen pembimbing mahasiswa Untag Surabaya. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah mengadakan Seminar Workshop Creativ Writing kepada anggota Osis SMPN 48 Surabaya.
Salah seorang mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Untag Surabaya Wahab Wisnu Pratama menjelaskan Creative Writing atau penulisan kreatif adalah satu tipe penulisan yang menggunakan imajinasi atau ide-ide kreatif untuk menghasilkan berbagai bentuk cerita dan konten yang unik, contohnya seperti puisi, novel, naskah drama, dan lainnya.
Di kegiatan ini mahasiswa Untag Surabaya memberikan penjelasan apa itu Creative Writing serta memberikan teknik penulisan kreatif yang baik dan benar. Dengan menjadikan 3 artis atau influencer yaitu Raditya Dika, Tere Liye, Nadhifa Alya Tsana (Rintik Sedu) sebagai contoh dalam pembuatan Creative Writing yang baik dan benar sehingga karyanya dikenal oleh banyak orang.

Berita Terkait :  PPDiS Gelar Rakor, Tingkatkan Keterampilan Kaum Difabel Situbondo

Setelah memberikan penjelasan terkait Creative Writing kepada anggota Osis SMPN 48 Surabaya, Mahasiswa Untag Surabaya juga memberikan kesempatan kepada mereka untuk menjelaskan ulang apa itu Creative Writing dan teknik pembuatannya. Mereka juga diminta untuk menunjukkan artis idolanya serta menjelaskan alasan mengapa mereka mengidolakan artis idolanya. Bagi mereka yang berani tampil menjelaskan akan mendapatkan merchandise.
Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan teknik pembuatan terkait Creative Writing agar mereka dapat meningkatkan skill dalam bidang tersebut, disisi lain mereka juga dapat belajar langsung bagaimana cara teknik Public Speaking yang baik agar audiens paham dengan apa yang mereka jelaskan.
Di ujung kegiatan ketua Osis SMPN 48 Surabaya memberi kan kesan dan pesan seputar kegiatan workshop tersebut, Nabila Ema Wardhani selaku ketua Osis SMPN 48 Surabaya mengatakan bahwa kegiatan workshop ini sangat bermanfaat karna membantu meningkatkan skill menulis mereka karna kebanyakan dari anggota Osis ini suka menulis, ia juga berpesan agar kegiatan ini berjalan setiap bulan guna untuk meningkatkan skill mereka. (why.hel)

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru