24 C
Sidoarjo
Saturday, July 13, 2024
spot_img

Ajukan Tebang Pohon, Warga Diimbau Ganti Dengan Tabebuya

Kota Madiun, Bhirawa
Ada cara jitu yang dilakukan Pemerintah Kota Madiun melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Madiun untuk menjaga lingkungan tetap rindang dan indah. Salah satunya, melalui penanaman Tabebuya di seluruh pelosok kota.

Tabebuya merupakan tanaman dari negara Brasil dan termasuk jenis pohon besar. Karenanya, cocok menjadi tanaman peneduh. Selain itu, bunganya juga cantik sehingga dapat menambah estetika kota.

“Penanaman Tabebuya setiap saat kami lakukan. Termasuk, masyarakat yang mengajukan pemangkasan pohon ke Dinas Perkim, kami sarankan untuk mengganti dengan Tabebuya,”kata Kepala Dinas Perkim Kota Madiun, Jemakir, Senin (8/7).

Dijelaskan oleh Jumakir, ketentuan penggantian pohon ini sebagaimana tercantum dalam Perda Kota Madiun Nomor 18 Tahun 2018 tentang Penyediaan dan Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau. Tepatnya, di Pasal 54.

“Kami sarankan mengganti dengan Tabebuya karena tanamannya cukup rindang, bunganya indah, dan mampu menurunkan suhu panas,” imbuhnya.

Selain penggantian berupa bibit Tabebuya dari masyarakat, Dinas Perkim juga melakukan penyemaian sendiri. Sehingga, tanaman tersebut siap kapanpun akan digunakan.

“Untuk Kota Madiun ada Tabebuya jenis daun lebar dan daun kecil,” ucapnya.

Jemakir pun menambahkan, Tabebuya mekar setiap musim kemarau. Daya tahan mekarnya berlangsung hingga 3 pekan. Namun, mudah rontok ketika hujan tiba.

“Setiap mekar kami lakukan perawatan seperti pemangkasan agar lebih rapi dan mengendalikan pertumbuhannya saat musim penghujan. Juga, penyiraman,” tandasnya. [dar.dre]

Berita Terkait :  Pemkab Situbondo Beri Layanan Operasi Katarak Gratis

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru