29 C
Sidoarjo
Wednesday, October 23, 2024
spot_img

Santri Sidoarjo Berprestasi Dalam MTQ Nasional Tahun 2024 Dapat Penghargaan


Sidoarjo, Bhirawa
Para santri Kabupaten Sidoarjo yang mengharumkan nama Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten Sidoarjo, dalam ajang MTQ Nasional tahun 2024 ini, Selasa (22/10) kemarin, diberikan penghargaan bersamaan dalam peringatan Hari Santri Nasional tahun 2024 yang digelar di Alun – alun Sidoarjo.

Pjs Bupati Sidoarjo, Dr M Isa Anshori, sebagai pembina apel upacara, menyerahkan sejumlah uang pembinaan kepada mereka yang menjadi juara. Sebanyak lima orang, masing-masing berhasil menjadi Juara III cabang muratal remaja putra, juara III cabang tafsir bahasa arab putra, juara III cabang MFQ beregu putri dan juara harapan I cabang tilawah dewasa putri serta juara harapan I cabang tilawah anak putri.

Pelaksanaan upacara hari santri Nasional tahun 2024 di Kabupaten Sidoarjo berjalan dengan penuh khidmat. Diikuti okeh ratusan orang dari berbagai organisasi agama dan kemasyarakatan serta lembaga pendidikan di Kabupaten Sidoarjo.

Mulai dari Banser, Muslimat, Fatayat, Pergunu, Sarbumusi, IPNU, IPPNU, Mahasiswa Unusida, RMI-NU, Kokam, IPS NU Pagar Nusa, SMK Plus NU Sidoarjo, LP Maarif NU Sidoarjo serta Sako Pramuka Maarif NU Sidoarjo dan pegawai RSUD Notopuro Sidoarjo.

Pjs Bupati Sidoarjo, M.Isa Ansori membacakan sambutan Menteri Agama RI, mengenang dan mengajak peserta uoacara untuk meneladani para santri yang telah memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Karena sejarah telah mencatat bahwa kaum santri adalah salah satu kelompok yang paling aktif menggelorakan perlawanan terhadap para penjajah di bumi Nusantara.

Berita Terkait :  Anggota FPD DPRD Situbondo Apresiasi Dinkes Tangani Cacar di SDI Al Abror

“Salah satu bukti perlawanan santri terhadap para penjajah adalah peristiwa Resolusi Jihad pada tanggal 22 Oktober tahun 1945 yang dimaklumatkan oleh Hadratus Syekh Kiai Haji Hasyim Asyari,” katanya.

Dalam pidato, Isa Ansori juga mengatakan peringatan Hari Santri Tahun 2024 yang mengusung tema ‘Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan’, sebagai sebuah penegasan bahwa santri masa kini memiliki tugas untuk meneruskan perjuangan para pendahulu yang telah berjuang tanpa kenal lelah demi kemerdekaan dan keutuhan bangsa.

Dalam pidato yang ia bacakan, ditegaskan masa depan Indonesia juga berada di pundak para santri. Maka pada Hari Santri tahun 2024 ini, agar bisa menjadi momentum untuk memperkuat komitmen bersama, khususnya para santri dalam merengkuh masa depan dan mewujudkan cita-cita bangsa.

“Hari Santri bukan hanya milik santri dan pesantren. Tetapi Hari Santri adalah milik semua golongan. Hari Santri adalah milik seluruh elemen bangsa yang mencintai negaranya. Oleh karena itu, seluruh komponen bangsa diajak untuk turut serta merayakan Hari Santri,” tandasnya. [kus.fen]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img