Kabupaten Madiun, Bhirawa.
Untuk mengetahui perkembangan program kegiatan pada OPD, RSUD, BUMD, Bagian Setda, dan Kecamatan di Kabupaten Madiun, PJ Bupati Madiun, Ir. Tontro Pahlawanto didampingi oleh Pj Sekda, Sodik Hery Purnomo dan para asisten, serta para staf ahli Bupati, memimpin rapat staf Pemkab. Madiun di Graha Eka Kapti, Puspem, Caruban pada Kamis (23/1).
Mengawali rapat ini, Pj Bupati Madiun sempat menyinggung agenda pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih, dimana bagi OPD yang terlibat dalam agenda ini segera melakukan persiapan dan segera mengurus segala keperluannya agar tidak ada kendala.
“Saya tidak mau ada kendala mengenai hal ini (pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih), seperti akomodasi segera diurus, begitupun memori jabatan segera disiapkan,” pintanya.
Selain itu, banyak hal penting dibahas dalam rapat rutin bulanan ini, yakni Pj Bupati Madiun menekankan mengenai monitoring ekonomi dalam rangka memantau laju inflasi, sekalipun dari laporan yang diterimanya secara rutin mencatat dari 13 komodity yang dipantau masih stabil. Namun karena sebentar lagi memasuki Bulan Ramadhan, sehingga dirinya minta harga bahan pangan selalu diwaspadai.
Pj Bupati Madiun juga minta kepada OPD terkait untuk memantau ketersediaan pasokan gas LPG, penanganan kasus PMK, progam makan gratis untuk ibu hamil dan balita, termasuk dukungan program makan bergizi gratis, karena program tersebut adalah program pemerintah pusat sehingga harus sukses.
Kesempatan itu, Pj Bupati Madiun juga menanyakan ke pimpinan OPD terkait pemeriksaan kesehatan gratis, ketahanan pangan, renovasi gedung sekolah, pembangunan infrastruktur desa, BLT, penyediaan rumah murah bagi masyarakat berpenghasilan rendah dan pengelolaan anggaran.
Dan oleh pimpinan OPD, pertanyaan dari Pj Bupati Madiun itu dijawab cukup gamblang. Bahkan mereka melaporkan perkembangan, langkah kegiatan yang sudah dilakukan maupun yang akan dilakukan untuk mendukung program-program unggulan itu, sehingga rapat ini lebih banyak berdialog untuk mencari solusi jika ada kendala. [dar.dre]