25 C
Sidoarjo
Friday, December 5, 2025
spot_img

Transaksi Saham Wilayah OJK Malang Menunjukkan Peningkatan

Kota Malang, Bhirawa
Frekuensi transaksi saham di wilayah kerja KOJK Malang terus menunjukkan peningkatan yaitu 35,38 persen secara yoy menjadi 564.926 pada akhir bulan Mei 2025. Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Malang Farid Fakatehan menyebut, Rata-rata nilai transaksi saham mengalami peningkatan sebesar 18,44 persen yoy. Peningkatan rata-rata nilai transaksi saham terjadi di setiap Daerah Tingkat II Wilayah Kerja OJK Malang. “Peningkatan rata-rata nilai transaksi saham secara yoy di Malang Raya sebesar 11,09 persen, Kota dan Kabupaten Pasuruan sebesar 93,21 persen, serta Kota dan Kabupaten Probolinggo sebesar 56,46 persen,”ujar Farid.

Secara umum, lanjutnya, minat masyarakat terhadap investasi di pasar modal makin tinggi seperti pada instrumen saham, reksadana dan obligasi atau Surat Berharga Negara. Hal tersebut, sambung dia tercermin dari terus bertambahnya jumlah investor pasar modal yaitu Single Investor Identification (SID) pada Mei 2025 tercatat sudah mencapai 311.600 SID dengan jumlah investor saham sebanyak 148.594 SID.

Jumlah nasabah reksa dana juga menunjukkan peningkatan signifikan secara yoy yakni tumbuh 123,73 persen menjadi 39.285 nasabah sampai dengan akhir April 2025. “Daerah Tingkat II di wilayah kerja KOJK Malang yang mencatatkan nilai penjualan reksa dana tertinggi adalah Kota Malang dengan total transaksi sebesar Rp214,94 miliar dan kemudian diikuti dengan Kabupaten Malang sebesar Rp31,99 miliar,”tukasnya.

OJK Malang sendiri berkomitmen untuk terus berupaya menyelenggarakan berbagai kegiatan guna mendorong peningkatan literasi dan inklusi pasar modal. Terbaru, OJK Malang berkolaborasi dengan TPAKD Kota Probolinggo menyelenggarakan Training of Trainers kepada Aparatur Sipil Negara Kota Probolinggo dengan tajuk “Save Smart, Live Better”. Kegiatan edukasi tersebut selaras dengan program tematik TPAKD Tahun 2025 yakni Akselerasi Pemanfaatan Produk/Layanan Pasar Modal.

Berita Terkait :  J99 Corp melalui MS Glow Aesthetic Clinic Apresiasi Pekerja Lewat “Glowing Worker” Spesial Hari Buruh

Perkembangan Edukasi dan Pelindungan Konsumen. “OJK Malang terus melaksanakan serangkaian program peningkatan literasi dan inklusi keuangan secara masif khususnya di wilayah kerja OJK Malang,”tambahnya. Hingga 30 Juni 2025, OJK Malang telah melaksanakan 57 kegiatan edukasi keuangan yang menjangkau 16.532 peserta.

Selain melakukan edukasi kepada konsumen, OJK Malang juga terus melanjutkan fungsi pelayanan dan perlindungan konsumen yang dilakukan melalui layanan pengaduan konsumen dan layanan informasi debitur pada Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK). Sampai dengan 30 Juni 2025, OJK telah menerima 1.040 permintaan layanan konsumen baik secara tatap muka maupun melalui surat dan Aplikasi Portal Perlindungan Konsumen. Dari permintaan layanan tersebut, sebanyak 394 berasal dari sektor perbankan, 343 berasal dari sektor industri keuangan non bank, serta sisanya merupakan layanan sektor pasar modal dan lembaga yang tidak berada dibawah pengawasan OJK seperti koperasi dan perusahaan e-commerce.[mut.ca]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow

Berita Terbaru