28 C
Sidoarjo
Sunday, March 30, 2025
spot_img

Ramadan dan Idul Fitri 2025, Bank Mandiri Regional 8 Jatim Siapkan Uang Tunai Rp3,1 Triliun

Regional CEO Bank Mandiri Region VIII/Jawa 3 Hendra Wahyudi saat menghadiri Buka Bersama media Bank Mandiri di Surabaya, Rabu (26/3).

Surabaya, Bhirawa.
Mengantisipasi peningkatan kebutuhan uang tunai masyarakat di Jawa Timur, Bank Mandiri menyiapkan net kebutuhan uang tunai sekitar Rp3,1 triliun selama 30 hari ke depan, yaitu pada 10 Maret – 8 April 2025 saat Ramadan menjelang Idul Fitri 1446 H.
Regional CEO Bank Mandiri Region VIII/Jawa 3, Hendra Wahyudi mengungkapkan jumlah net kebutuhan uang tunai tersebut turun sebesar 6% dibandingkan realisasi tahun sebelumnya.

“Langkah ini diharapkan dapat membantu nasabah memenuhi berbagai kebutuhan pada periode bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri mendatang, terutama pada masa pembayaran gaji dan THR ASN,” terangnya, Rabu (26/3).

Hendra menambahkan sebagian besar dari alokasi kebutuhan uang tunai tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengisian ATM Bank Mandiri di Jawa Timur yang diprediksi mencapai Rp 2,8 triliun selama periode tersebut.

“Guna mendukung penyaluran uang tunai ke masyarakat, kami juga telah mengoptimalisasi pengisian 1.610 unit ATM/CRM (ATM setor tarik) Bank Mandiri di Jawa Timur yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus di seluruh Indonesia sejak awal bulan ini hingga saat libur Lebaran, selain melalui ATM, dapat melalui 10.133 mandiri Agen yang tersebar di Jawa Timur” jelasnya.

Berita Terkait :  Serangga dan Jamur Potensial Tingkatkan Gizi Anak di Program MBG

Selain mesin ATM, dia melanjutkan, Bank Mandiri juga mengoptimalkan channel-channel pembayaran online untuk membantu nasabah bertransaksi dengan cepat, antara lain dengan 25.751 mesin EDC dan aplikasi Livin ’by Mandiri. Selain itu terdapat channel pembayaran melalui 2.549 ribu jaringan Livin ’Merchant di Indonesia.

“Mengingat banyaknya pengguna Livin ’by Mandiri, kami akan mengoptimalisasi kapasitas super app ini agar tetap dapat memberikan layanan prima pada saat puncak transaksi, termasuk layanan BI Fast yang kini menjadi pilihan utama nasabah dalam pengiriman dana,” jelasnya.

Hendra menambahkan, untuk memastikan kelancaran transaksi BI FAST nasabah, pihaknya akan menyediakan likuiditas yang memadai pada Rekening Settlement Dana (RSD) untuk mengantisipasi lonjakan transaksi BI FAST pada periode Ramadhan dan Idul Fitri.

Nasabah juga dapat menggunakan Livin’ by Mandiri yang mampu memenuhi berbagai kebutuhan seperti cek saldo, transfer, pembayaran tagihan bulanan & e-commerce, top up emoney maupun e-wallet, serta pembayaran dengan QRIS. Bahkan, nasabah juga dapat melakukan pemesanan tiket kereta, pesawat,sampai tempat wisata melalui fitur Sukha pada super app ini.

“Dengan fitur top up Mandiri e-money pada Livin’ by Mandiri, nasabah yang melakukan perjalanan lewat tol akan sangat dimudahkan karena top up dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja,” imbuh Hendra Wahyudi.

Sementara itu, bagi pengguna jalan tol yang belum memiliki kartu mandiri e-money, Hendra menjelaskan, pihaknya akan menyiapkan stok kartu yang dapat diperoleh di cabang, Fitur Sukha di Livin by Mandiri, toko retail (Indomaret, Alfamart, dan lain-lain), outlet resmi Bank Mandiri di e-commerce (Tokopedia, Blibli, Shopee), serta vending machine di lokasi transportasi dan stasiun.
Hendra Wahyudi menjelaskan, pihaknya juga akan memastikan kesiapan jaringan IT secara optimal untuk mengantisipasi kenaikan transaksi yang dilakukan nasabah pada seluruh channel pembayaran elektronik, dengan membentuk tim monitoring IT yang selalu siaga.

Berita Terkait :  Sidak Ramp Check di Terminal Kota Batu, Temukan Belasan Bus dan Angkot Tak Layak Jalan

“Tidak hanya itu, selama bulan Ramadhan Bank Mandiri juga memberikan banyak program khusus spesial Ramadhan untuk memanjakan nasabah. Nasabah dapat mengakses ragam program tersebut melalui bmri.id/ramadan2025,” paparnya.

Adapun secara nasional, Bank Mandiri menyiapkan net kebutuhan uang tunaisekitar Rp 31,6 triliun pada 10 Maret – 8 April 2025 saat Ramadhan menjelang Idul Fitri 1446 H. Jumlah net kebutuhan uang tunai tersebut naik sebesar 5,9% dibandingkan realisasi tahun sebelumnya. Bank Mandiri juga mengoptimalkan pengisian 12.905 unit ATM/CRM dan 246.000 mesin EDC yang tersebar di seluruh Indonesia. [riq.hel].

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow

Berita Terbaru