27 C
Sidoarjo
Wednesday, December 17, 2025
spot_img

Pererat Hubungan dengan Indonesia, Tourism Malaysia dan MHTC Hadirkan Malaysia Fair 2025


Surabaya, Bhirawa
Tourism Malaysia bekerja sama dengan Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC), telah menyelenggarakan Malaysia Fair 2025 sebuah pameran selama empat hari yang menampilkan kekayaan budaya, kuliner, pariwisata, pendidikan dan layanan kesehatan unggulan dari Malaysia.

Acara ini akan berlangsung di Pakuwon Mall, Surabaya dari tanggal 25 sampai 28 September 2025, sekaligus menjadi kolaborasi pertama kali antara Tourism Malaysia dan MHTC dalam mendukung kampanye Visit Malaysia 2026 (VM2026) dan Malaysia Year of Medical Tourism 2026 (MYMT2026).

Malaysia Fair 2025 menempatkan Malaysia sebagai destinasi wisata unggulan sekaligus pusat wisata medis terkemuka, memberikan pengalaman menyeluruh bagi pengunjung dengan menawarkan sejumlah paket liburan eksklusif, layanan kesehatan berstandar internasional, dan pertunjukan budaya yang memukau dimana semuanya tersedia dalam satu rangkaian acara.

Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Dato’ Syed Mohamad Hasrin Tengku Hussin mengungkapkan Malaysia Fair 2025 ini akan mempererat hubungan dengan Indonesia baik secara ekonomi, bahasa maupun budaya.

“Dari segi hubungan antara Indonesia dan Malaysia adalah destinasi pilihan utama bagi mahasiswa-mahasiswi Indonesia. Untuk itu, dengan digelarnya beragam promosi dan pameran di Indonesia melalui Malaysia Fair 2025, kami menargetkan kunjungan wisatawan Indonesia ke Malaysia tahun ini sebanyak 4,4 juta kunjungan,” Terangnya usai pembukaan Malaysia Fair 2025 di Pakuwon Mall Surabaya, Jumat (26/9).

Sementara itu, ini kelima kalinya di Surabaya, MHTC menyelenggarakan pameran kesehatan yang menghadirkan rumah sakit Malaysia yang banyak meraih penghargaan dan menawarkan paket perawatan yang lengkap.

Berita Terkait :  PG Asembagus Situbondo Komitmen Tuntaskan Penanganan Abu Giling Tebu

“Sebagai negara multi–etnis, masyarakat Malaysia beruntung dapat menikmati beragam makanan dan budaya yang lahir dari keragaman. Makanan merupakan bagian dari identitas kami dan makan merupakan salah satu kegemaran masyarakat Malaysia. Oleh karena itu, gastronomy bisa menjadi nilai jual yang kuat untuk mempromosikan negara kami,” jelas Director of Tourism Malaysia Jakarta, Hairi Mohd Yakzan.

Malaysia Fair 2025 juga merayakan hubungan erat antara Indonesia dan Malaysia, serta berperan sebagai wadah untuk pertukaran budaya dan mempererat hubungan antar sesama masyarakat.

“Malaysia Fair 2025 adalah pameran untuk menampilkan yang terbaik yang dimiliki oleh Malaysia. Tahun ini merupakan kolaborasi perdana bersama MHTC untuk memperluas daya tarik, dengan menggabungkan pesona budaya dan wisata dengan layanan kesehatan Malaysia yang unggul,” tutur Hairi.

Hal senada dikatakan, Vice President of Marketing & Communications MHTC, Lokman Izam Abd Aziz,melalui slogan baru yakni Healing Meets Hospitality, kami dengan bangga menunjukkan keunggulan Malaysia sebagai destinasi kesehatan.

“Bukan hanya sekadar perawatan kesehatan, Malaysia adalah tempat untuk memulihkan jiwa, raga, dan pikiran, dimana dapat menikmati kenyamanan layanan kesehatan maupun pariwisata secara bersamaan,* paparnya.

Adapun rumah sakit yang berpartisipasi termasuk empat finalis Flagship Medical Tourism Hospital (FMTH) yaitu Institut Jantung Negara (IJN), Island Hospital, Mahkota Medical Centre, dan Subang Jaya Medical Centre, bersama Alpha IVF & Women’s Specialists, ALPS Medical Centre, Cardiac Vascular Sentral Kuala Lumpur (CVSKL), Gleneagles Hospital Penang, Gleneagles Hospital Kuala Lumpur, KPJ Healthcare Berhad, MSU Medical Centre, Northern Heart Hospital Penang, OPTIMAX Eye Specialist Centre, Penang Adventist Hospital, Prince Court Medical Centre, Sunway Medical Centre, Sunway Medical Centre Penang, Thomson Hospital Kota Damansara, dan Topvision Eye Specialist Centre.

Berita Terkait :  PT KAI Daop 7 dan BMKG Jawa Timur Perkuat Kolaborasi Demi Keselamatan Perjalanan Kereta Api

Selain bidang kesehatan, pameran ini juga menawarkan beragam pengalaman budaya dan gaya hidup yang menarik. Pengunjung bisa menikmati pertunjukan memukau dari Malaysia’s Teh Tarik King, tarian tradisional dan aktivitas interaktif yang ramah untuk keluarga.

Universitas ternama Malaysia juga turut berpartisipasi, antara lain Todak Academy, Universiti Sains Islam Malaysia (USIM), UCSI University, Universiti Putra Malaysia (UPM), dan Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM), yang akan memberikan informasi terkait pendidikan tinggi di Malaysia.

Di bidang kuliner, Tourism Malaysia dan Marriott International mempersembahkan Malaysian Food Promotion di Magnolia Restaurant, The Westin Surabaya, pada tanggal 26 sampai 28 September 2025. Acara ini menyajikan hidangan khas Malaysia yang akan dipersiapkan oleh guest chef dari Penang Marriott Hotel, memberikan kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk mencicipi keanekaragaman kuliner Malaysia.

Malaysia terus menjadi destinasi pilihan utama bagi wisatawan Indonesia, berkat keberagaman budaya, pilihan kuliner yang dinamis, panorama alam yang menakjubkan, serta pilihan pariwisata yang beragam yang dapat menjangkau berbagai segmen.

Di masa mendatang, Tourism Malaysia tetap berkomitmen untuk bekerja sama dengan media, influencer, dan content creators asal Indonesia untuk mempublikasikan tempat populer maupun hidden gems guna menambah pengalaman berwisata di Malaysia. [riq]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow

Berita Terbaru