25 C
Sidoarjo
Monday, December 8, 2025
spot_img

Pengabdian Mahasiswa Untag Surabaya untuk membantu Pengembangan Potensi anak PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) untuk membantu Pemahaman konsep Abstrak


Surabaya, Bhirawa
Pengembangan potensi anak usia PAUD dicapai melalui pemberian stimulasi yang sesuai serta penciptaan lingkungan yang mendukung. Hal ini mencakup pengenalan minat dan bakat anak, kegiatan bermain yang sekaligus mengajarkan konsep-konsep baru, memberi ruang bagi anak untuk berkarya, serta menumbuhkan kreativitas dan imajinasi melalui aktivitas seni dan bercerita. Selain itu, pembiasaan perilaku positif seperti gemar membaca dan bersikap sopan juga penting. Peran guru dan orang tua sangat menentukan, terutama ketika mereka bersikap sabar, mendukung, dan mampu menjadi teladan, sehingga perkembangan kognitif, sosial, emosional, fisik, dan moral anak dapat tumbuh secara maksimal.

Melalui Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Surabaya, telah dilaksanakan kegiatan pengembangan anak PAUD di balai RW 5 Balongsari dengan bentuk pengembangan sebagai berikut:

  1. Kenali Potensi Anak
    mengamati minat, kelemahan, dan kebiasaan anak melalui observasi kegiatan yang disukainya (misal: suka menggambar, musik, olahraga)
  2. Berikan Stimulasi Tepat
    Menyediakan mainan, buku, atau kegiatan yang sesuai minatnya untuk memicu perkembangan lebih lanjut.
  3. Bermain Bersama & Bebas
    mengajak menggambar, kolase, bernyanyi, bersyair, atau bermain peran.
  4. Kembangkan Kreativitas & Imajinasi
    memasilitasi anak untuk belajar hal baru dan mengeksplorasi lingkungannya.
  5. Dorong Rasa Ingin Tahu
    Mengapresiasi usaha dan prestasinya, sekecil apapun, untuk membangun kepercayaan diri, serta Mendukung, memberi pujian dan menanamkan Kebiasan Baik.
Berita Terkait :  DPRD Surabaya Soroti Perbedaan Data Stunting, Singgung Keterbukaan BPS

Adik-adik PAUD RW 05 Balongsari telah mulai menapaki langkah demi langkah perkembangan ini. Tantangan selanjutnya adalah menjaga keberlanjutannya, membiasakan rutinitas positif, serta memberikan pelayanan penuh perhatian dan ketulusan oleh para guru PAUD dengan sikap lembut. Dengan demikian, anak-anak dapat terus terbiasa mengembangkan berbagai potensi dan keterampilan yang mereka miliki, seperti:Kognitif: Kemampuan berpikir, daya ingat, fokus, bahasa.

  1. Sosial-Emosional: Sikap, motivasi, kepercayaan diri, dan kepribadian.
  2. Fisik: Keterampilan motorik halus dan kasar melalui kegiatan fisik.

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow

Berita Terbaru