Surabaya, Bhirawa.
Selama masa libur akhir pekan yang bertepatan dengan Hari Besar Maulid Nabi Muhammad SAW pada 13 sampai dengan16 September 2024, volume pelanggan KA jarak jauh KAI Daop 8 Surabaya mengalami peningkatan dibanding dengan periode yang sama minggu sebelumnya yakni 6 sampai dengan 9 September 2024.
Hal ini menunjukkan antusiasme masyarakat dalam memanfaatkan layanan kereta api sebagai moda transportasi pilihan selama libur panjang ini.
Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, mengungkapkan berdasarkan data pada Selasa (17/9) pukul 10.00 wib, pelanggan KA jarak jauh yang berangkat dari Daop 8 Surabaya pada 13 – 16 September 2024 tercatat 90.486 pelanggan, meningkat 41% dibanding periode sebelumnya yang berjumlah 64.385 pelanggan.
Sementara itu, kedatangan pelanggan di Daop 8 Surabaya tercatat 84.750 pelanggan, meningkat sebesar 30%, dibanding sebelumnya yang berjumlah 65.232 pelanggan.
Para pelanggan di Daop 8 Surabaya mayoritas didominasi dengan KA tujuan dan dari Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Jember dan Banyuwangi. KA jarak jauh yang menjadi favorit pelanggan di Daop 8 Surabaya yakni : KA Airlangga relasi Surabaya Pasarturi – Pasarsenen, KA Sancaka relasi Surabaya Gubeng – Bandung, KA Majapahit relasi Malang – Purwokerto, KA Sembrani relasi Surabaya Pasarturi – Gambir, KA Tawangalun relasi Malang Kotalama – Ketapang.
Adapun stasiun keberangkatan di Daop 8 Surabaya yang paling favorit pelanggan pada 13 – 16 September yakni : Stasiun Surabaya Gubeng : 30.017 pelanggan; Stasiun Surabaya Pasarturi : 24.129 pelanggan; Stasiun Malang : 16.674 pelanggan.
Sementara itu, stasiun dengan tujuan Daop 8 Surabaya paling favorit yakni : Stasiun Surabaya Gubeng : 26.004 pelanggan; Stasiun Surabaya Pasarturi : 24.157 pelangggan; Stasiun Malang : 15.888 pelanggan.
“KAI menyampaikan apresiasi kepada para penumpang yang telah mempercayakan perjalanan mereka menggunakan kereta api selama liburan panjang Maulid Nabi Muhammad SAW,” terangnya.
Luqman Arif menambahkan, bahwa KAI terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang dengan mengutamakan kenyamanan, keselamatan dan keamanan.
“Dengan ekosistem layanan yang semakin baik, KAI berusaha menjadikan kereta api sebagai pilihan utama transportasi masyarakat Indonesia, terutama saat musim liburan,” pungkas Luqman Arif. [riq.ca]