25 C
Sidoarjo
Friday, December 5, 2025
spot_img

Launching Logo Hari Jadi Ke-24, Pertegas Komitmen Kota Batu Bebaskan Sampah

Kota Batu, Bhirawa
Semangat cinta lingkungan digaungkan Pemerintah Kota Batu di setiap sudut dan kegiatan yang melibatkan masyarakat. Termasuk dalam penentuan logo hari jadi Kota Batu ke-24 yang juga sarat cinta lingkungan.

Sabtu (20/9), pemkot melounching atau meluncurkan logo tersebut bersama ratusan warga di Alun- alun Kota Batu. Akibatnya, suasana Alun-Alun Kota Batu menjadi berbeda dari biasanya.

Karena logo hari jadi Kota Batu diluncurkan saat ratusan warga tengah berkumpul dengan semangat kebersamaan untuk aksi bersih-bersih.

Momentum ini semakin istimewa karena logo baru hasil karya pemenang lomba desain resmi diperkenalkan kepada publik dengan latar semangat lingkungan.

“Kita jadikan hari jadi Kota Batu tahun ini sebagai energi baru dalan kebersamaan menjaga lingkungan adalah identitas kita. Dengan logo ini, kita menyatukan semangat menuju Kota Batu yang bersih, sehat, dan berkelanjutan,” ujar Nurochman, Wali Kota Batu, Sabtu (20/9/2025).

Ia menegaskan bahwa peringatan hari jadi kota kali ini tidak hanya bernuansa seremoni. Tetapi juga harus meninggalkan jejak manfaat nyata bagi masyarakat.

Logo Hari Jadi Kota Batu ke-24 mengangkat tagline “Sedoyo Sae”. Kata ini bermakna semua baik, semua bersatu, dan semua memberi kebaikan. Filosofi ini mencerminkan semangat masyarakat Kota Batu yang heterogen namun tetap bersatu padu demi mewujudkan kota yang harmonis dan sejahtera.

Kemudian keberadaan angka 24 ditampilkan secara dinamis. Angka ini melambangkan usia Kota Batu yang semakin dewasa dan siap menghadapi tantangan pembangunan. Warna-warna cerah yang digunakan melukiskan keindahan alam, keramahan masyarakat, serta daya tarik pariwisata,

Berita Terkait :  Gaji Ke-13 Pegawai Kuras APBD Sampang Rp34,7 Miliar

“Hal ini ditambah dengan ornamen yang menyatu di dalamnya menggambarkan kekuatan alam, komitmen menjaga lingkungan, dan gotong royong masyarakat,” tambah Nurochman. Dan dengan filosofi tersebut, logo “Sedoyo Sae” menjadi penanda semangat bersama menuju Kota Batu yang semakin baik di segala bidang untuk semua lapisan masyarakat.

Diketahui, peluncuran logo di alun-alun kota juga diwarnai dengan pembagian 2.400 paket kompos kepada masyarakat, termasuk sekolah dan komunitas lingkungan.

Dan rangkaian peringatan World Cleanup Day (WCD) di Kota Batu tahun ini melibatkan 79 instansi dengan lebih dari 10 ribu relawan. Dan dengan semangat tersebut, setiap harinya kegiatan WCD di Kota Batu berhasil mengumpulkan 3,3 ton sampah.

Peluncuran logo Hari Jadi Kota Batu ke-24 kini tak hanya menjadi sekadar simbol. Namun logo ini juga memberikan penegasan komitmen Pemkot Batu bersama masyarakat untuk melangkah bersama menjadikan Kota Batu semakin maju dan bertambah sae atau baik.

Hadir dalam peluncuran logo ini Wakil Wali Kota Batu Heli Suyanto, Ketua TP PKK Kota Batu Siti Faujiah Nurochman, jajaran Forkopimda, CEO CooSae Rakhmad Hardianto, Sekretaris Daerah Kota Batu Drs Zadim Effiensi, serta para Kepala OPD. Kehadiran mereka menambah khidmat sekaligus memperkuat kolaborasi dalam menjaga kebersihan dan mengurangi sampah. (nas.dre)

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow

Berita Terbaru