Kota Madiun, Bhirawa.
KAI terus memperkuat konektivitas antarwilayah melalui layanan KA BIAS yang menghubungkan berbagai kota di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Ini bagian dari misi Asta Cita dalam mendukung mobilitas masyarakat yang aman, nyaman, dan berkelanjutan, KAI menghadirkan layanan transportasi yang efisien dan terintegrasi. Kereta Api BIAS hadir sebagai solusi perjalanan tak hanya cepat dan tepat waktu, tetapi juga ramah lingkungan dan mengurangi kepadatan lalu lintas di jalan raya.
Melalui KA BIAS, KAI terus berkomitmen meningkatkan layanan transportasi bagi masyarakat melalui diberlakukannya Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) 2025, jadwal perjalanan Kereta Api BIAS mengalami penyesuaian guna memberikan pengalaman perjalanan yang lebih nyaman, efisien, dan sesuai kebutuhan pelanggan.
Manager Humas PT KAI Daop VII Madiun, Kuswardojo, Rabu (12/2) mengatakan, perubahan jadwal ini merupakan langkah strategis dalam mendukung mobilitas masyarakat, khususnya pengguna transportasi udara yang menuju Bandara Adi Soemarmo.
”Penyesuaian ini diharapkan semakin mempermudah pelanggan dalam merencanakan perjalanan dengan jadwal yang lebih optimal dan konektivitas yang lebih baik. KA BIAS kini melayani lima perjalanan setiap hari dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Madiun pada pukul 06.00 WIB, 08.10 WIB, 11.35 WIB, 15.00 WIB, dan 16.20 WIB,” ujar Kuswardojo.
Sebagai layanan transportasi yang terintegrasi, KA BIAS menghubungkan Madiun dengan Bandara Adi Soemarmo melalui sejumlah stasiun penting, seperti Magetan, Ngawi, Walikukun, Sragen, Solo Jebres, Solo Balapan, Stasiun Kadipiro, dan berakhir si Stasiun Bandara Adisumarmo. Kehadiran KA BIAS tidak hanya memberikan kemudahan bagi masyarakat, tetapi juga berkontribusi dalam meningkatkan konektivitas antarwilayah secara cepat dan efisien.
Sejak 1 Januari hingga 10 Februari lalu, sebanyak 113.117 pelanggan menggunakan kereta api BIAS. Dari jumlah tersebut, 69.056 pelanggan berangkat dari wilayah Daop VII Madiun. Rata-rata 1.096 pelanggan per hari atau sekitar 77% dari total pengguna. Data ini menunjukkan tingginya minat masyarakat terhadap layanan PT KAI, meningkatnya kepercayaan pelanggan pada transportasi kereta api yang andal, aman, dan nyaman.
Sebagai bagian dari transformasi layanan, PT KAI terus menghadirkan inovasi guna memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi pelanggan. Pemesanan tiket KA BIAS kini dapat dilakukan secara digital melalui aplikasi Access by KAI, memungkinkan pelanggan merencanakan perjalanan dengan lebih fleksibel dan praktis.
Dengan berbagai upaya peningkatan layanan ini, PT KAI berharap dapat terus menjadi pilihan utama masyarakat dalam bertransportasi, serta mendukung pertumbuhan ekonomi dan konektivitas antarwilayah melalui layanan kereta api yang aman, nyaman, dan andal. [dar.fen]