dr Atok Irawan SpP.MKes
Rumah sakit RT Nitipuro Sidoarjo saat ini melakukan formasi baru dalam memberikan pelayanan kepada pasiennya. Setiap Jum at pagi, sehabis senam di lingkungan rumah sakit type A itu, manajemen RS RT Notopuro Sidoarjo, bersama-sama mengunjungi para pasien yang ada di kamar pelayanan, baik yang dirawat jalan maupun di rawat inap.
“Kami ingin tahu, bagaimana pelayanan petugas kami, perawat dan dokter kami kepada pasien, semua pasien kami tanya, ini masukan kepada kami untuk terus meningkat pelayanan,” kata Plt Dirut RS RT Notopuro Sidoarjo, dr Atok Irawan SpP MKes, belum lama ini.
Selain menanyakan tentang pelayanan, manajemen rumah sakit juga membagikan snack, buah dan air mineral karena Hari Jumat Berkah, juga sebagai bentuk ikut empati kepada pasien dan keluarga pasien.
Manajemen rumah sakit, juga menyempatkan bertanya tentang kondisi sakit dari para pasien. Dengan itu, para pasien merasa diperhatikan dan menjadi semangat.
Dalam dialog singkat dengan salah satu pasien yang menderita penyakit lambung, dr Atok menasehati agar sang suami yang sedang menjaga istri yang dirawat di kamar IGD, agar suami tidak sering-sering memarahi istri, supaya penyakit istrinya tidak sering kambuh dan bolak balik masuk IGD rumah sakit.
Dr Atok memberi nasehat dengan joke-joke ringan yang segar, yang menghibur pasien yang dirawat. Joke -joke yang ia lontarkan, bahkan dianggap seorang pasien seperti lawakan Cak Kartolo, seniman ludruk asal Kota Surabaya yang terkenal itu.
“Malah justru saya ini yang sering dimarahi istri dok,” katanya sambil tertawa.
Dr Atok mengakui, pengobatan kepada pasien tidak 100% semuanya dari mengkonsumsi obat-obatan saja. Namun kadang juga , bisa diperoleh dengan menerapkan pola pikir yang positip dan optimis, agar pasien bisa menjadi semangat untuk bisa segera sembuh kembali.
“Keluarga juga harus perhatian dan mendukung, agar pasien bisa segera sembuh, karena hati yang tenang dan gembira bagian juga dari obat,” katanya. [kus]