Tim SMP Pembangunan Jaya Tangerang Selatan terpilih menjadi juara pertama dan SMPN 6 Depok sebagai juara kedua dalam program literasi keuangan JA SparktheDream Social Challenge – 2024 Indonesia Final yang digeslar FWD Insurance dan Prestasi Junior Indonesia.
Semarakkan Bulan Inklusi Keuangan
Surabaya, Bhirawa
PT FWD Insurance Indonesia (FWD Insurance) dan Prestasi Junior Indonesia (PJI) menyelenggarakan JA SparktheDream Social Challenge, untuk menutup rangkaian program JA SparktheDream tahun kedua yang sukses mengedukasi lebih dari 2 ribu siswa SMP, sekaligus menyemarakkan Bulan Inklusi Keuangan tahun 2024.
Dalam ajang ini, para siswa ditantang untuk menciptakan ide inovasi sosial yang dapat mempromosikan literasi dan inklusi keuangan di masyarakat. Dua tim pemenang akan melaju ke kompetisi tingkat Asia Pasifik pada bulan November mendatang.
“Program ini merupakan komitmen kami untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya generasi muda, terhadap pentingnya literasi dan inklusi keuangan sebagai landasan utama untuk mencapai kesejahteraan finansial di sepanjang kehidupan mereka. Kami berharap semakin luasnya akses dan manfaat dari program ini dapat mendukung upaya Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam meningkatkan inklusi keuangan masyarakat Indonesia secara signifikan dan berkelanjutan,” terang Chief Human Resources and Marketing Officer FWD Insurance, Rudy F Manik, Minggu (6/10).
Menurut Ketua Dewan Pengurus Prestasi Junior Indonesia, Pribadi Setiyanto, JA SparktheDream Social Challenge menjadi media untuk mengaplikasikan konsep – konsep finansial yang telah siswa pelajari bersama sukarelawan FWD Insurance di kelas.
“Selain memperdalam pemahaman praktik pengelolaan keuangan, kompetisi ini juga memfasilitasi siswa untuk mengasah sejumlah keterampilan esensial yang berguna untuk masa depan mereka, yaitu berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi,” jelasnya.
Sementara itu, kompetisi Social Challenge merupakan bagian dari program JA SparktheDream yang memberikan pengetahuan dan keterampilan manajemen keuangan pribadi yang diperlukan siswa untuk mampu mengendalikan masa depan finansial mereka.
Dalam kompetisi ini, siswa bekerja dalam tim untuk mengikuti tantangan ini dan membuat video pendek yang menyoroti isu sosial di komunitas lokal mereka beserta solusi yang diusulkan. Dengan kegiatan ini, generasi muda dapat mewujudkan impian dan ide inovatif mereka menjadi sebuah aksi riil yang bermanfaat bagi masyarakat, khususnya dalam hal literasi keuangan. [riq.fen]