Surabaya, Bhirawa.
BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Karimunjawa berpartisipasi aktif dalam acara Gebyar Layanan Sumber Daya Manusia Tahun 2025 yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Surabaya (UNESA).
Acara yang berlangsung pada 21-23 Januari 2025 di Auditorium Gedung Rektorat Kampus UNESA 2 Lidah Wetan ini dihadiri oleh berbagai pejabat penting di lingkungan UNESA, di antaranya Rektor UNESA, Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., Wakil Rektor VI Bidang Perencanaan, Pengembangan, Kerja Sama, dan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Dr. Martadi, M.Sn., serta Direktur SDM Mohamad Sulton Arifin, S.Pd., M.Pd.
Tak hanya itu, acara ini juga dihadiri oleh seluruh dosen, guru besar, tenaga pendidik, serta tenaga pendukung civitas akademik UNESA, beserta beberapa instansi yang telah bekerja sama dengan UNESA, seperti BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, BTN, dan TASPEN.
Acara ini menampilkan Talkshow yang bertujuan memberikan edukasi terkait layanan yang disediakan oleh UNESA untuk para pegawai di lingkungan universitas.
Salah satu poin yang menjadi highlight dalam acara ini adalah pemaparan dari BPJS Ketenagakerjaan mengenai berbagai program dan manfaat layanan tambahan bagi peserta.
Adventus Edison Souhuwat, yang lebih dikenal dengan sapaan Sonny, selaku Kepala BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Karimunjawa, menyampaikan terkait update terbaru, di antaranya Perumahan Pekerja, Program Sertakan, serta fitur terbaru dari aplikasi JMO (Jamsostek Mobile) yang mempermudah peserta dalam memonitor saldo dan klaim mereka.
Sonny menyampaikan pentingnya kesadaran akan layanan yang ditawarkan BPJS Ketenagakerjaan sebagai bentuk perlindungan jangka panjang bagi tenaga kerja.
“Kami hadir di sini untuk memastikan para pegawai di UNESA memahami sepenuhnya manfaat yang bisa mereka peroleh dari BPJS Ketenagakerjaan, serta bagaimana aplikasi JMO mempermudah mereka untuk mengakses layanan kami kapan saja dan di mana saja,” ungkap Sonny.
Melalui apilkasi ini, peserta bisa melakukan pengecekan saldo, melakukan klaim untuk JHT secara online dan juga beragam tambahan service dan fitur unggulan lainnya.
JMO merupakan salah satu terobosan yang adaptif dan solutif mengikuti tuntutan zaman dengan menawarkan berbagai kemudahan bagi para peserta. Melalui aplikasi JMO, peserta dapat mengetahui status kepesertaan, rincian pembayaran iuran, dan saldo Jaminan Hari Tua. Menjadi kontrol memastikan perusahaan membayar iuran tepat waktu, memastikan upah yang dilaporkan dan program yang diikuti.
Sesi Talkshow ini menjadi ajang yang efektif bagi civitas akademika UNESA untuk mendapatkan informasi langsung dari berbagai instansi yang memberikan dukungan bagi kesejahteraan tenaga pendidik dan pegawai.
Dengan hadirnya BPJS Ketenagakerjaan dan berbagai instansi terkait lainnya, acara ini memberikan wawasan yang lebih dalam mengenai layanan-layanan yang dapat diakses oleh para peserta untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.
Acara Gebyar Layanan Sumber Daya Manusia ini diharapkan dapat semakin mempererat hubungan kerjasama antara UNESA dan berbagai lembaga penyedia layanan, serta memperkuat kesadaran mengenai pentingnya perlindungan sosial bagi setiap individu di lingkungan pendidikan. (geh.hel)