Surabaya, Bhirawa
Surabaya sebagai kota metropolitan terus berkembang pesat, menjadi pusat bisnis, perdagangan, dan destinasi wisata yang ramai. Seiring dengan pertumbuhan ini, tantangan mobilitas di Surabaya semakin kompleks. Seperti kemacetan lalu lintas, cuaca panas yang membuat perjalanan kurang nyaman, serta perilaku beberapa pengemudi di jalan yang masih belum sepenuhnya mengutamakan keselamatan dan kenyamanan penumpang.
Memahami kebutuhan mobilitas yang semakin meningkat, Bluebird memperkuat posisinya sebagai solusi mobilitas andal dan bebas stres dengan kampanye #TrueBlue. Sebagai brand ikonik yang mengusung Standar Nyaman Indonesia (SNI) selama lebih dari setengah abad, Bluebird memastikan setiap perjalanan menghadirkan keamanan dan kenyamanan melalui pengemudi profesional, armada terstandarisasi, serta kemudahan akses.
Hal ini sejalan dengan komitmen Bluebird dalam mendukung masyarakat Surabaya menjalani rutinitas sehari-hari terutama pada saat ramadan Lebaran dengan tenang, tanpa khawatir akan mobilitas. “Surabaya adalah salah satu kota terbesar di Indonesia dengan dinamika mobilitas yang unik. Sebagai bagian dari keseharian masyarakat Surabaya, Bluebird melalui kampanye #TrueBlue berupaya menghadirkan solusi mobilitas yang lebih nyaman dan dapat diandalkan. Kami ingin memastikan setiap perjalanan, baik untuk aktivitas harian maupun perjalanan spesial selama Ramadan, selalu menjadi pengalaman yang menyenangkan.” terang Chief Marketing Officer PT Blue Bird Tbk, Mediko Azwar, Kamis (20/3).
Menurut Kepala Dinas Perhubungan Surabaya, Tundjung Iswandaru, Pemerintah Kota Surabaya terus berupaya meningkatkan infrastruktur dan sistem transportasi yang lebih baik bagi masyarakat. “Kami turut mengapresiasi inisiatif Bluebird menghadirkan layanan yang berstandar tinggi. Kolaborasi dengan swasta dapat menghadirkan solusi mobilitas yang aman dan terpercaya bagi masyarakat,” jelasnya.
Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga serta Pariwisata Surabaya, Ir. Hidayat Syah M.T., mengatakan Surabaya memiliki beragam destinasi wisata kuliner, budaya, dan hiburan yang menarik. Kemudahan akses ke lokasi-lokasi ini penting untuk meningkatkan pengalaman wisatawan. “Inisiatif bersama Bluebird menjadi bagian dari strategi kami dalam memperkuat sektor pariwisata dan memastikan kenyamanan wisatawan di kota ini,” ujarnya.
Seiring dengan transformasi digital, preferensi masyarakat untuk mengakses layanan mobilitas di Surabaya juga berubah. Hal ini ditunjukkan dengan penggunaan aplikasi MyBluebird yang terus tumbuh signifikan. Di tahun 2024, jumlah pengguna MyBluebird di Surabaya meningkat sekitar 60% dibanding tahun sebelumnya, mendorong penggunaan aplikasi yang kini menyumbang 30% dari total pemesanan.
Aplikasi MyBluebird tersedia dengan fitur-fitur inovatif untuk memberikan pengalaman mobilitas yang praktis. Pengguna akan diberikan kepastian dan kenyamanan melalui fitur tarif pasti (fixed price), advance booking, serta beragam metode pembayaran, termasuk QRIS, e-wallet, kartu kredit, dan tunai.
Saat bulan Ramadan dan menuju Lebaran, mobilitas masyarakat Surabaya untuk perjalanan buka bersama, ibadah, hingga perjalanan mudik akan meningkat. “Kami terus melakukan peremajaan dan penambahan unit untuk memastikan kenyamanan pelanggan. Saat ini, Bluebird mengoperasikan lebih dari 600 unit kendaraan taksi serta 100 unit angkutan sewa khusus dengan berbagai tipe kelas, mulai dari standar hingga luxury, dengan mayoritas armada dari tahun terbaru. Bluebird juga tersedia di area strategis seperti stasiun, bandara, pelabuhan, dan pusat perbelanjaan untuk mendukung mobilitas masyarakat selama Ramadan dan Lebaran,” papar General Manager Bluebird Jawa Timur, Rito Sudarmawan.
Masyarakat Surabaya dapat menikmati berbagai layanan, mulai dari Bluebird untuk transportasi harian, Goldenbird untuk penyewaan kendaraan eksklusif, Bigbird untuk perjalanan kelompok, hingga layanan Cititrans untuk perjalanan antar kota. Pelanggan juga dapat memanfaatkan layanan Bluebird Kirim yang praktis dan terpercaya untuk pengiriman hampers.
Sebagai bagian dari kampanye #TrueBlue, Bluebird juga menghadirkan promo spesial bagi pelanggan di Surabaya. Dengan menggunakan kode promo TRUEBLUESBY, pelanggan dapat menikmati potongan harga hingga Rp40.000 untuk empat kali pemakaian melalui aplikasi MyBluebird.
Selain itu, setiap transaksi juga akan mendapatkan tambahan 1.000 EZPoint yang dapat ditukar dengan berbagai keuntungan menarik.[riq.ca]