27 C
Sidoarjo
Thursday, October 17, 2024
spot_img

Kukuhkan Nilai Nasionalisme, Rutan Kelas IIB Situbondo Peringati Hari Kesadaran Nasional

Situbondo, Bhirawa
Rutan Kelas IIB Situbondo Kanwil Kemenkumham Jawa Timur menggelar upacara bendera Hari Kesadaran Nasional, pada Kamis pagi (17/10) di lapangan upacara Rutan Kelas IIB Situbondo.

Upacara ini melibatkan seluruh jajaran staf Rutan Situbondo dan Gugus Depan (Gudep) Pramuka Rutan Situbondo serta beberapa perwakilan Warga Binaan Pemasyarakatan Kelas IIB Situbondo.

“Pelaksanaan upacara berjalan dengan lancar dan khidmat. Setiap petugas upacara yang merupakan WBP melaksanakan tugasnya dengan baik,” tutur Inspektur Upacara, Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan, Dedy Saputro.

Menurut Dedy Saputro, dalam amanatnya mengatakan, peringatan Hari Kesadaran Nasional merupakan momen untuk merefleksikan semangat persatuan dan kesatuan serta bertujuan untuk meningkatkan kesadaran seseorang terhadap tanggung jawabnya sebagai warga negara.

“Di lingkungan Pemasyarakatan, penyelenggaraan Hari Kesadaran Nasional sejatinya dimulai dari kesadaran diri sendiri dalam berbuat positif sejak dini. Pengimplementasiannya bisa dilakukan dengan perbuatan kecil seperti saling bertegur sapa dan menghormati antar petugas dan warga binaan. Lalu mentaati peraturan, menjaga kebersihan di lingkungan Rutan dan mengikuti setiap program kegiatan pembinaan yang ada,” ujar Dedy Saputro.

Heni Yuwono selaku Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Timur ikut memberikan apresiasi atas terselenggaranya upacara bendera Hari Kesadaran Nasional di Rutan Kelas IIB Situbondo ini.

Heni mengatakan kegiatan ini menjadi salah satu bentuk pembinaan untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab dan disiplin bagi narapidana.

Berita Terkait :  Satlantas Polres Gresik dan RS Petrokimia Gelar Pelatihan PPGD

“Dengan melibatkan WBP sebagai petugas upacara, diharapkan para WBP dapat lebih memahami dan menghayati nilai-nilai kebangsaan serta siap untuk berkontribusi positif setelah menyelesaikan masa hukuman mereka, di dalam Rutan Kelas IIB Situbondo,” pungkas Dedy Saputro. [awi.dre]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img