29 C
Sidoarjo
Thursday, October 10, 2024
spot_img

Mahasiswa Untag Surabaya Dibekali Wawasan Keamanan Siber di Era Digital


Surabaya, Bhirawa
Program Studi Sistem dan Teknologi Informasi (Sistekin) Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya menyelenggarakan seminar bertajuk ‘Integrasi Sistem Monitoring dengan Kebijakan Keamanan’ di Auditorium Gedung R. Ing Soekonjono, lantai enam Untag Surabaya.

Acara dihadiri oleh puluhan mahasiswa Prodi Sistekin semester satu dan tiga, bertujuan memberikan wawasan mendalam mengenai pentingnya pengawasan dan keamanan sistem di era digital.

Dekan Fakultas Teknik, Dr Ir Sajiyo, M Kes, memaparkan semoga seminar ini berjalan lancar dan para mahasiswa dapat memperoleh ilmu yang bermanfaat untuk masa depan mereka,.

“Pentingnya peran teknologi informasi, khususnya di bidang keamanan siber, sebagai bekal bagi para mahasiswa untuk menghadapi tantangan di dunia profesional” jelasnya.

Dalam acara tersebut mendatangkan narasumber utama dalam seminar ini ialah Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kemendikbud Ristek Dr Yudhistira Nugraha, S T, M.Ict (Adv), D Phil.

Dr. Yudhistira membahas dalam seminar tersebut tentang berbagai ancaman siber yang kerap terjadi, termasuk risiko serangan peretasan, dan menghadapi peretasan, respons cepat dan pemulihan sistem yang tepat sangat penting untuk meminimalkan dampak dari serangan tersebut.

“Memahami berbagai jenis ancaman ini akan membantu mahasiswa dalam mengenali risiko dan menyusun langkah-langkah antisipasi,” ujarnya.

Serta narasumber menguraikan tentang lanskap ancaman yang dihadapi dalam dunia siber, mencakup vektor serangan, permukaan serangan, serta aktor ancaman yang bisa berupa individu, kelompok, atau organisasi.

Berita Terkait :  Pemkab Sumenep Kibarkan Bendera Merah Putih Sepanjang 79 Meter

Narasumber juga memaparkan strategi kolaborasi melalui Computer Security Incident Response Team (CSIRT) untuk perguruan tinggi, yang bertujuan memperkuat respons institusi pendidikan dalam menangani insiden keamanan siber.

Kepala Program Studi Sistem dan Teknologi Informasi (Sistekin) Untag Surabaya, Yusrida Muflihah, M.Kom., berharap terselenggaranya seminar ini, agar mahasiswa Prodi Sistekin dapat lebih memahami tantangan dan solusi di bidang keamanan siber. Karen di zaman sekarang, penting bagi mahasiswa untuk mempersiapkan diri menghadapi dinamika dunia teknologi informasi yang terus berkembang.

“Prodi Sistekin berkomitmen untuk terus menghadirkan kegiatan edukatif guna mencetak lulusan yang siap bersaing di era digital,” pungkasnya. [ren]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img