28 C
Sidoarjo
Monday, October 7, 2024
spot_img

SIG Raih Dua Penghargaan INDI 4.0 Kementerian Perindustrian

Gresik, Bhirawa
PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) dan anak usahanya, PT Semen Gresik, meraih Penghargaan INDI 4.0 Tahun 2024. Dari Kementerian Perindustrian atas penerapan teknologi berbasis Industry 4.0 untuk optimasi kegiatan produksi pabrik SIG di Tuban, dan pabrik PT Semen Gresik di Rembang.

Terbukti berhasil meningkatkan pencapaian operational excellence Perusahaan, penghargaan diterima oleh Direktur Operasi SIG, Reni Wulandari dan Direktur Utama PT Semen Gresik, Muchamad Supriyadi di Ballroom The Ritz-Carlton Jakarta Pacific Place.

SIG meraih Penghargaan INDI 4.0 Tahun 2024, kategori Sustainable Technology atas use case Operational Excellence dan Sustainable Cement Plant. Melalui penerapan teknologi Advanced Process Control by PXP, Quality Control by QCX Robolab, dan Waste Heat Recovery Power Generation (WHRPG). Berbasis Artificial Intelligent, Machine Learning, Digital Mining Command dan Model Predictive Control, di Pabrik Tuban, Jawa Timur.

Sementara PT Semen Gresik meraih penghargaan di kategori yang sama, atas use case Digitalisasi Terintegrasi “KOKOH” (Kendali energi, Optimasi sumber daya, Kualitas data, Observasi real-time, dan Hasil analitik). Melalui pengembangan digitalisasi Realtime Dashboard dan Reporting, Smart Maintenance dan Production, dan Self Optimization di Pabrik Rembang, Jawa Tengah.

Direktur Operasi SIG, Reni Wulandari (kedua kanan) dan Direktur Utama PT Semen Gresik, Muchamad Supriyadi (ketiga kanan) bersama perwakilan perusahaan penerima Penghargaan INDI 4.0 Tahun 2024 dari Kementerian Perindustrian di Ballroom The Ritz-Carlton Jakarta Pacific Place

Direktur Operasi SIG Reni Wulandari mengatakan terima kasih kepada Kementerian Perindustrian atas penghargaan INDI 4.0 Tahun 2024. Diberikan serta apresiasi kepada seluruh tim di SIG dan PT Semen Gresik, telah adaptif dalam transformasi teknologi. Penghargaan ini menjadi pengakuan atas keberhasilan SIG, dalam menjalankan transformasi menuju Industry 4.0 secara menyeluruh.

Berita Terkait :  Dapat Rekom dari PDIP, Maryoto Birowo Tinggal Tunggu Daftar di KPU Tulungagung

“Implementasi teknologi berbasis Industry 4.0 terbukti berhasil meningkatkan produktivitas, dalam kegiatan produksi dengan penggunaan energi yang lebih hemat. Tak hanya berkontribusi terhadap efisiensi biaya dan penurunan emisi, namun penerapan teknologi Industry 4.0 juga membantu dalam peningkatan keselamatan pertambangan.”ujarnya.

Ditambahkan Reni Wulandari belum lama ini SIG, juga meraih penghargaan BUMN Technology Adoption Award 2024. Lategori Cost Optimization dari Forum Digital (Fordigi) BUMN, atas inisiatif Perusahaan dalam digitalisasi proses produksi di seluruh pabrik milik Perusahaan. Merupakan bukti semangat inovasi Insan SIG, telah adaptif untuk mengakselerasi transformasi industri. Meningkatkan keunggulan operasional yang menjadi daya saing SIG, berkontribusi dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan di Indonesia.[kim.ca]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img